Bekuk Penyandera di Angkot, Aiptu Sunaryanto Terima Penghargaan

Oleh Nafiysul Qodar pada 12 Apr 2017, 10:40 WIB
Aiptu Sunaryanto

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan memberikan penghargaan kepada polisi lalu lintas (polantas) bernama Aiptu Sunaryanto.

Anggota Satwil Lantas Jakarta Timur itu diberi penghargaan karena telah menyelamatkan ibu dan anak, korban penyanderaan dalam angkot di depan Bioskop Buaran, Klender, Duren Sawit, Minggu 9 April 2017 malam.

"Saya atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih. Dengan dedikasi yang tinggi, pengorbanan yang luar biasa, perhitungan yang matang, yang bersangkutan dapat menyelamatkan rakyat kita dari ancaman kekerasan, yang tidak lain adalah nyawa taruhannya," ujar Iriawan dalam sambutannya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/4/2017).

Iriawan berharap, apa yang dilakukan oleh Aiptu Sunaryanto dapat ditiru oleh anggota lainnya. Sebab, tugas utama kepolisian adalah mengayomi dan melindungi masyarakat.

"Sekali lagi saya dan keluarga besar Polda Metro Jaya merasa bangga dengan Saudara. Di tempat lain (polisi) lalu lintas ada yang menjatuhkan citra Polri, sementara di sini menaikkan citra Polri yang kita cintai," tutur dia.

Selain Aiptu Sunaryanto, penghargaan juga diberikan kepada 18 anggota Polres Bandara Soekarno-Hatta atas kinerjanya menggagalkan penyelundupan narkoba, dan empat anggota Ditlantas Polda Metro Jaya lainnya. Penghargaan berupa piagam itu diberikan melalui apel mingguan.

Sebelumnya, seorang residivis yang tengah dikejar warga karena ketahuan mencopet masuk ke sebuah angkot dan menyandera penumpang angkot, yakni seorang ibu dan anak balitanya. Kejadian ini diketahui Aiptu Sunaryanto yang sedang lewat di lokasi.

Dia pun langsung tergerak mengakhiri aksi penyanderaan tersebut. Dengan sigap dan penuh perhitungan, dia menembak lengan penyandera dan menyelamatkan ibu beserta anaknya. Tidak hanya itu, dia juga berhasil mengamankan pelaku penyanderaan dari amukan warga.