Sukses

Puting Beliung Terjang Bogor, Puluhan Rumah Rusak

Selasa pagi aparat kepolisian dan TNI bergotong royong membantu membetulkan rumah warga yang mengalami kerusakan parah dan sedang.

Liputan6.com, Bogor - Angin puting beliung menerjang beberapa wilayah di Kota Bogor, Senin sore. Angin kencang mengakibatkan puluhan rumah warga rusak. Salah satunya di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara. Sedikitnya 40 rumah rusak disapu angin kencang.

"Di Cibuluh tercatat ada 40 rumah rusak," kata Kapolsek Bogor Utara Kompol Wawan Wahyudin, Selasa (11/4/2017).

Akibat peristiwa tersebut, lanjut dia, Selasa pagi aparat kepolisian dan TNI bergotong royong membantu membetulkan rumah warga yang mengalami kerusakan parah dan sedang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan menyebutkan, puting beliung tidak hanya merusak.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyebutkan, ada 10 kejadian akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor pada Senin sore.

Tiga toko rusak pada bagian atap dan kaca jendela, barang-barang dagangan pun ikut rusak tertimpa atap dan serpihan kaca. Billboard SPBU di Jalan KS Tubun ambruk dan papan reklame berukuran 3x4 meter nyaris roboh setelah diterjang angin kencang disertai hujan deras.

Pohon tumbang terjadi di Jalan Durian Raya depan Eks Balebinarum, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur. Satu unit motor ojek online milik Muhammad Ardi, rusak tertimpa batang pohon.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan NV. Sidik, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan. Pohon menimpa sebuah kendaraan minibus yang tengah parkir.

Kemudian pohon tumbang terjadi di Perumahan Villa Citra, Jalan Gandaria Blom E3, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, nyaros menimpa rumah Wiryana.

Dua rumah milik Hali dan Ato rusak tertimpa pohon tumbang  di Kelurahan Bojong Kerta, Kecamatan Bogor Selatan.

Akibat hujan deras, atap rumah warga Baranangsiang RR 05/07 Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur roboh.

Angin puting beliung merusak atap belasan rumah warga di perumahan Asrama Teplan di 6 RT, 3 RW, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal.

Puting beliung juga melanda wilayah Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara. Sedikitnya 40 rumah warga rusak dan beberapa pohon ikut tumbang.

Kemudian, gedung rektorat Universitas Pakuan nyaris terbakar akibat panel listrik tersambar petir.

Pohon tumbang juga terjadi di Bantarkemang, akses menuju Perumahan Barangsiang Indah. "Tidak ada laporan korban jiwa atau luka saat kejadian kemarin," ujar Ganjar.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.