Sukses

Novel Baswedan Disiram Air Keras, Penyidik KPK Akan Dijaga Ekstra

Laode menilai, perlindungan bagi penyidik KPK sudah seharusnya ditingkatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan disiram air keras oleh orang tak dikenal. Peristiwa ini terjadi setelah Novel pulang dari salat subuh berjamaah di masjid dekat rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan, setelah kejadan ini para pimpinan KPK akan menggelar rapat. Rapat ini membahas perlindungan bagi para penyidik KPK.

"Untuk melindungi Novel tentunya kami akan mengadakan rapat hari ini dan meminta kepada Mabes Polri dan Polri memberikan perlindungan," kata Laode di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Laode menilai, perlindungan bagi penyidik KPK sudah seharusnya ditingkatkan. "Akan ada penjagaan ekstra untuk penyidik KPK sekarang ini," ujar dia.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan sudah berkoordinasi dengan Kapolda Metro Jaya M Iriawan dan Kapolres Jakarta Utara Dwiyono. Menurut Agus, Kapolda dan Kapolres akan mengusut kasus penyiraman air keras kepada Novel Baswedan.

"Saya tadi sudah ketemu Kapolda dan Kaplores Jakut, mereka akan tindak lanjuti," ujar Agus saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, penyidik senior KPK Novel Baswedan disiram air keras oleh dua orang tak dikenal menggunakan sepeda motor matic, usai salat subuh di Masjid Al Ikhsan, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Novel Baswedan kini menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading. Sedangkan, Ketua KPK Agus Rahardjo dan Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan sudah menjenguknya.

Ini bukan kali pertama Novel mendapat ancaman dari pihak yang tak bertanggung jawab. Novel merupakan penyidik senior KPK yang tengah menangani kasus megaproyek e-KTP yang menyeret banyak anggota DPR dan Kemendagri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.