Sukses

Detik-Detik Remaja Tewas Selamatkan Adik dari Longsor Jagakarsa

Posisi rumah yang dihuni Budi berada di kawasan rendah. Rumah itu tertimbun pondasi bangunan di atasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang remaja tewas tertimpa longsor di Jalan Pemuda I RT 08/09, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sang kakak bernama Hilman (12) tewas tertimpa runtuhan bangunan saat akan selamatkan adiknya, Rani (4).

"Dia lagi melindungi adik perempuannya saat musibah terjadi, meninggal dunia di rumah sakit," kata Sekretaris Kecamatan Jagakarsa, Mundari, kepada Liputan6.com, Selasa (4/4/2017).

Bencana tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu hujan deras mengguyur Jakarta. Rumah yang tertimpa longsor dihuni oleh satu keluarga Budi Ansori (44), Heni (40), Ilmi Azizah (16), Hilman, dan Rani.

"Pak Budi ngontrak di sana," kata Mundari, di lokasi kejadian, Selasa (4/4/2017).

Posisi rumah yang dihuni Budi berada di kawasan rendah. Rumah itu tertimbun pondasi bangunan di atasnya.

Seorang remaja tewas tertimpa longsor di Jalan Pemuda I RT 08/09, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Rezky)

"Sebab terjadinya longsor di lahan kosong tersebut ada pekerjaan pengurugan untuk dijadikan rumah," ujar Mundari.

Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, yang meninjau lokasi longsor mengatakan, pihaknya belum mengetahui penyebab longsor tersebut.

"Belum tahu ini ada kelalaian apa enggak. Itu urusan polisi. Saya lihat yang awam, konstruksinya yang enggak bagus," kata Tri di lokasi kejadian.

Dia mengatakan, pihaknya sudah jauh-jauh hari mengimbau warga-warga di lokasi rawan pergerakan tanah.

"Kita sudah jauh-jauh hari kasih tahu. Kita sudah bikin surat ke camat-camat bagi mereka yang tinggal di bukit-bukit itu harus hati-hati," Tri mengatakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini