Sukses

Gus Ipul: Puluhan Warga Korban Longsor Ponorogo Belum Ditemukan

Warga yang tertimpa longsor Ponorogo merupakan petani yang tengah memanen jahe.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyatakan sebanyak 27 orang yang menjadi korban tanah longsor di Dukuh Tangkil, Desa Pulung, Kecamatan Banaran, Kabupaten Ponorogo, belum ditemukan.

"Data yang masuk sampai Sabtu pukul 19.00 WIB atau bersamaan dihentikannya sementara pencarian, masih 27 orang yang diperkirakan tertimbun tanah," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu, 1 April 2017, malam.

Ia mengemukakan timnya di lapangan masih melakukan pengecekan dan verifikasi terkait adanya data yang simpang siur mengenai jumlah korban.

"Memang awalnya ada yang mengatakan 17 orang, 28 orang, namun laporan dari Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni yang berada di lapangan, sebanyak 27 orang yang dinyatakan hilang," ucap dia seperti dilansir dari Antara.

Proses pencarian terhadap korban yang tertimbun dihentikan sementara, dan akan dilanjutkan Minggu (2/4/2017) pukul 07.00 WIB, menyusul cuaca hujan sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, juga menyampaikan bahwa sejak Sabtu malam sudah lima unit alat berat yang berada di lokasi musibah, masing-masing dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jatim, balai besar sungai dan milik Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Terkait perlengkapan bagi pengungsi maupun keluarga korban, ia menegaskan bahwa Pemprov Jatim telah menyiagakan logistik dan membuka dapur umum 24 jam.

"Makanan, minuman, selimut dan perlengkapan lainnya sudah siap untuk kebutuhan warga. Petugas BPBD Jatim dan Dinas Sosial siap di lokasi," kata dia.

Gus Ipul menyatakan akan menuju dan meninjau lokasi tanah longsor pada Minggu pagi bersama Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim) Irjen Pol Mahfud Arifin, sekaligus bertemu 200 jiwa pengungsi yang berada di pos komando (posko) siaga di balai desa setempat.

Selama ini, warga yang tertimpa musibah longsor setiap malam menginap di posko yang berjarak sekitar dua kilometer dari lokasi bencana, namun karena cuaca cerah pada Sabtu pagi tadi, ditambah masa panen jahe, maka warga sempat kembali ke lahannya.

"Hujannya Jumat malam dan Sabtu pagi warga akan panen jahe. Tapi, ternyata kondisi tanah yang labil menyebabkan tebing longsor dan menimpa permukiman maupun warga di sana," demikian Saifullah Yusuf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf adalah Calon Gubernur Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa
    Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf adalah Calon Gubernur Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa

    Gus Ipul

  • Longsor Ponorogo

Video Terkini