Sukses

Polri Berencana Bentuk Atase Kepolisian di Turki

Nantinya Atese Kepolisian di Turki akan mengawasi pergerakan para WNI yang dicurigai bergabung dengan ISIS di Suriah.

Liputan6.com, Jakarta - Divisi Hubungan Internasional Polri berencana membentuk Atase Kepolisian di Ankara, Turki.

Kepala Bagian Konvensi Internasional Divisi Hubungan Internasional Kombes Napoleon Bonaparte mengatakan pembentukan atase kepolisian di Turki amat dibutuhkan. Sebab, ada beberapa kasus yang ditemukan WNI menyeberang ke Suriah lewat jalur ilegal dari Turki.

"Itu memang kebutuhkan kerjasama yang lebih intens antara Polri dengan Kepolisian Nasional Turki itu memang sudah sangat urgen," kata Napoleon di kantor Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Menurut Napoleon, nantinya Atese Kepolisian di Turki akan mengawasi pergerakan para WNI yang dicurigai bergabung dengan ISIS di Suriah. Sehingga bisa mencegah para WNI yang nekat itu bergabung dengan kelompok-kelompok radikal.

"Untuk memantau orang-orang yang dikategorikan terindikasi terorisme, sambil menjalankan misi ke sana," ucap Napoleon.

Ia pun berharap, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dapat segera menyetujui rencana pembentukan Atase Kepolisian di Turki dalam waktu dekat ini.

"Insya Allah pak Kapolri akan teken MoU, awal Juni 2017. Itu satu langkah yang tidak biasa," tambah Napoleon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.