Sukses

Masjid Istiqlal Minta Massa Aksi 313 Jaga Fasilitas dan Hemat Air

Sebelum berunjuk rasa, massa aksi 313 akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk menunaikan salat Jumat.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Umat Islam (FUI) berencana menggelar unjuk rasa pada Jumat 31 Maret 2017 atau aksi 313 di Istana, Jakarta. Sebelum berunjuk rasa, massa akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk menunaikan salat Jumat.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengaku baru mendapatkan surat pemberitahuan agenda tersebut. Pihak Masjid Istiqlal belum membalas surat itu.

"Kami baru dapat surat pemberitahuan dari koordinator aksi 313. Mereka akan mampir salat Jumat di masjid ini. Jumlahnya sekitar 100 ribu sampai 200 ribuan. Pihak Istiqlal belum membalas surat itu karena harus berkoordinasi dulu dengan pihak terkait," ujar Abu Hurairah saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Namun begitu dia menyatakan akan mempersilakan umat Muslim yang akan menunaikan salat Jumat di masjid terbesar se Asia Tenggara tersebut. Kendati dia meminta agar peserta aksi 313 dapat memperhatikan sejumlah hal.

"Seperti aksi sebelumnya. Monggo saja, tapi kami memberitahu agar fasilitas masjid dijaga. Fasilitas air dihemat mungkin. Kalau bisa mereka dapat menyediakan tangki air," ujar dia.

Terkait dengan peserta dari daerah yang tiba jelang aksi 313, Abu Hurairah menyatakan tidak dapat melarangnya. "Kalau sudah tiba di Jakarta, di masjid, kita tidak bisa melarangnya. Tapi di sini tidak ada fasilitas lebih," terang Abu Hurairah.

Aksi 313 rencananya dihadiri oleh massa dari berbagai ormas Islam. Unjuk rasa bertajuk Aksi Bela Islam 313 ini akan dimulai pada waktu salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Sekjen FUI Muhammad al Khaththath mengatakan aksi 313 akan diisi dengan kegiatan longmarch mulai dari Masjid Istiqlal hingga Istana Merdeka. Nantinya massa akan diarahkan untuk berputar melewati Jalan Merdeka Timur dan Jalan Merdeka Selatan terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.