Sukses

FUI Akan Gelar Aksi 313 di Istana Jakarta

FUI menyatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait dengan aksi 313 tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Umat Islam (FUI) berencana menggelar unjuk rasa pada Jumat 31 Maret 2017 atau aksi 313. Kegiatan ini diawali dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal yang dilanjutkan longmarch ke depan Istana, Jakarta.

"Benar akan ada aksi tersebut," ujar Sekjen FUI Muhammad Al Khathtath saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (28/3/2017).

Dia menuturkan aksi 313 yang akan berlangsung dengan damai ini menuntut agar Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diberhentikan dari gubernur DKI Jakarta. Ini menyusul status Ahok sebagai terdakwa dalam kasus dugaan penistaan agama.

"Menuntut kepada presiden agar melaksanakan Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah," ujar dia.

Terkait dengan estimasi peserta, Khathtath mengaku belum dapat mengungkapkannya. Dia hanya menyatakan aksi tersebut akan dihadiri ulama dan anggota ormas Islam. Sementara dengan izin acara, FUI mengaku masih mengkoordinasikannya dengan Polda Metro Jaya.

"Korlap masih koordinasi dengan Polda Metro Jaya," ujar Khathtath.

Sementara itu, Juru Bicara FPI Slamet Maarif menegaskan siap mendukung aksi 313 tersebut. Agenda tersebut diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

"FPI mendoakan aksi itu sukses. Berjalan dengan lancar sebagaimana yang sudah direncanakan," kata Slamet saat dikonfirmasi.

Polda Metro Jaya Humas Argo Wiyono mengaku belum mendapat pemberitahuan terkait aksi 313 ini. Namun begitu, polisi tidak bisa melarang bila hal itu adalah aksi penyampaian pendapat di muka umum dengan aturan yang berlaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini