Sukses

Pesan Pemangku Pura Aditya Jaya di Hari Raya Nyepi

Di hari raya Nyepi ini, seluruh umat Hindu di seluruh Indonesia diminta untuk menjaga kedamaian antarsesama umat beragama.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Hari Raya Nyepi 2017, Pinandita atau Pemangku Pura Aditya Jaya, I Gusti Made Agung Nugraha meminta seluruh umat Hindu di seluruh Indonesia agar terus menjaga kedamaian antarsesama umat beragama.

Hal ini disampaikan Made Agung ketika ditemui di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur pada saat Hari Raya Nyepi 1 Saka 1939. Menurut Made Agung, menjaga kedamaian dan kerukunan antarumat beragama merupakan pesan yang digaungkan umat Hindu pada Hari Raya Nyepi kali ini.

"Sangat mengharapkan kepada saudara-saudara kita yang beragama Hindu untuk menjalankan ibadahnya masing-masing ke Sang Pencipta untuk menjaga kedamaian sesama umat beragama," kata Made Agung, Jakarta, Selasa (28/3/2017).

Menurut Made Gusti, dalam ajaran Hindu sudah diperintah untuk sama-sama menjaga kerukunan antarumat beragama. Apalagi hal ini sesuai dengan ideologi Bhinneka Tunggal Ika.

"Itu kan yang diharapkan proklamator kita menjaga keutuhan dan Bhinneka Tunggal Ika yang didengang-dengungkan mulai dari merdeka sampai sekarang," ucap Made Agung.

Ia pun berharap, konflik antaragama tidak lagi terjadi di Indonesia. Sehingga kerukunan antarmasyarakatnya bisa tercipta.

"Orang-orang ini yang ingin jatuhkan Indonesia berkedok keyakinan, itu tidak terjadi," kata Made Agung.

Kegiatan Catur Brata Penyepian merupakan rangkaian dari perayaan Hari Raya Nyepi. Ritual ini sebagai sarana untuk interospeksi diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini