Sukses

Foto Viral Pramuka Makan di Tanah, Begini Tanggapan KPAI

KPAI akan meminta klarifikasi kepada pihak Kwarnas mengenai kasus anggota Pramuka makan tanpa alas.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan meminta klarifikasi pihak Kwartir Nasional (Kwarnas) terkait beredarnya foto anggota Pramuka makan di tanah tanpa alas. Foto ini kemudian menjadi viral netizen di media sosial.

Ketua KPAI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, klarifikasi ini untuk mengetahui kondisi yang terjadi sebenarnya. Dia mengatakan, jangan sampai terjadi kehebohan karena hal-hal yang tidak benar.

"Kalau itu hoax, kita minta masyarakat tidak menyebarkan hal-hal meresahkan dan memicu hal-hal yang tidak produktif," ujar Asrorun kepada Liputan6.com, Senin (27/3/2017).

Namun, lanjut Asrorun, jika memang foto tersebut benar, dia mengaku menyayangkan kejadian tersebut. Sebab, Pramuka seharusnya mengajarkan kedisiplinan dan sportivitas. Selain itu, juga menerapkan norma dan nilai dalam segala aktivitasnya yang bertujuan untuk pembangunan karakter.

"Norma nilai aktivitas yang menuju keadaban dan pembangunan karakter harus dengan cara yang baik, jadi niat baik harus dilakukan dengan cara yang baik," tegas Asrorun.

Untuk itu, Asrorun mengatakan pengklarifikasian kasus ini terhadap pihak Pramuka terkait sangat penting agar bisa dilakukan pembinaan sehingga kasus serupa tidak terulang.

"Kita akan klarifikasi agar ada pembinaan lebih lanjut agar ada pembinaan yang lebih memadai dan kasus tersebut tidak terulang," pungkas Asrorun.

Baru-baru ini dua foto yang diduga pelatihan atau pembinaan Pramuka dengan cara makan bersama hanya beralaskan rumput, yang diduga terjadi di Kabupaten Tangerang, Banten menjadi viral di media sosial.

Postingan dua foto tersebut diduga adalah bagian dari kegiatan Pramuka. Foto pertama berisi puluhan remaja berpakaian seragam pramuka berbaris rapi memunggungi beberapa remaja, yang diduga panitia kegiatan tersebut yang tengah mempersiapkan makanan berupa nasi dan sedikit lauk pauk.

Hanya saja, nasi tersebut diletakan begitu saja di atas tanah beralaskan rumput, tanpa ada alas lain seperti daun pisang atau bungkus nasi sebagai wadah makan.

Pada foto kedua, setelah nasi dan lauk pauknya selesai disiapkan, para remaja berpakaian Pramuka tersebut langsung menyantapnya dengan posisi jongkok dan menggunakan jari mereka untuk makan, tanpa disediakan air mineral ataupun wadah lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini