Sukses

Menko Puan: Pemerintah Butuh Dukungan Sukseskan Asian Games

Puan meyakini, seluruh infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan Asian Games dapat selesai tepat waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meninjau langsung progres pembangunan sejumlah venue Asian Games 2018 yang berada di Jakarta. Dia meyakini, seluruh infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan Asian Games dapat selesai tepat waktu.

"Kunjungan hari ini guna memastikan kembali bahwa persiapan Asian Games benar-benar sesuai rencana. Pemerintah membutuhkan dukungan dan kerja sama seluruh pihak untuk menyukseskan Asian Games dan yang terpenting seluruh prosesnya dilakukan transparan dan akuntabel," kata Puan di Jakarta, Minggu (26/3/2017).

Venue yang pertama ditinjau adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Stadion GBK rencananya akan digunakan sebagai tempat pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 dan tempat diselenggarakannya beberapa pertandingan. Hingga saat ini progres yang dicapai dalam pengerjaan renovasi GBK sekitar 33,7 persen dari target sekitar 32,7 persen.

Selanjutnya, Wapres dan rombongan bergerak meninjau venue aquatik dan Istora Senayan. Pada venue aquatic, progress renovasi mencapai 36.3 persen, sedangkan venue Istora GBK progress renovasi mencapai angka 48,4 persen. Semua venue itu ditargetkan selesai pada Oktober 2017.

Setelah dari GBK, rombongan bergerak menuju Jakarta International Velodrome (JIV). Arena JIV nantinya akan digunakan untuk pertandingan sepeda dengan panjang trek 250 M (standar olimpiade) dan 100 M trek untuk pemanasan. Kapasitias penonton nantinya akan mencapai 3.000 orang dengan komposisi tribun biasa, VIP, dan VVIP. Adapun progress pembangunannya saat ini mencapai 23,29 persen.

Wapres Puji Wisma Atlet

Wapres juga mengecek kesiapan arena pacuan kuda di Pulomas, yang progres pembangunan telah mencapai 21,34 persen. Selesai di velodrome dan arena pacuan kuda, Wapres langsung meninjau Wisma Atlet Kemayoran dengan rata-rata progress pembangunan telah mencapai kisaran 60-70 persen dari rencana.

"Progres pembangunan Wisma Atlet untuk Asian Games tahun 2018 saya rasa lebih bagus daripada Olimpic Village Rio pada 2016 lalu," terang Wapres saat memberikan keterangan pers setelah meninjau Wisma Atlet Kemayoran.

Bahkan, lanjut Wapres, Wisma Atlet Kemayoran juga telah memenuhi syarat kualitas, dan syarat waktu, sehingga pada saatnya nanti sudah bisa digunakan oleh para atlet yang mengikuti perhelatan olahraga Asian Games 2018.

"Akhir tahun ini sudah bisa selesai seluruhnya. Sebelum itu, akan diuji huni lebih dahulu. Sekitar Oktober 2017," tambah Wapres.

Turut ikut dalam rombongan Wapres, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PUPR) Basuki Hadimulyono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi, Plt. Gubernur DKI Jakarta Sumarsono dan Presiden INASGOC Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.