Sukses

Jokowi Bagi-Bagi Bansos Nontunai di Mandailing Natal

Jokowi mengingatkan, bantuan tersebut harus sejalan dengan kualitas pelayanan yang diberikan.

Liputan6.com, Mandailing Natal - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Pada kunjungannya itu, Jokowi membagikan berbagai bantuan sosial nontunai.

Bantuan sosial yang dibagikan tersebut beragam, mulai dari Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan dan hak-hak dasar masyarakat melalui bantuan sosial nontunai yang diberikan.

Namun, mantan Wali Kota Solo mengingatkan, bantuan tersebut harus sejalan dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Dia menegaskan pentingnya menjaga kualitas pelayanan, mulai dari pelayanan administratif hingga kesehatan.

Bahkan Jokowi tak segan untuk mengganti aparat yang tidak memberikan pelayanan yang baik kepada pemilik KIS.

"Pak ini yang melayani jelek banget di rumah sakit ini, beritahu saya. Pasti saya peringatkan. Kalau masih juga belum baik, nanti pasti saya ganti itu yang melayani, saya copot, saya ganti," ujar Jokowi.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar masyarakat menggunakan bantuan tersebut secara bijak dan tepat guna.

"Ini untuk keperluan sekolah, keperluan pendidikan, gizi anak, usaha boleh," ungkap Jokowi.

Terlebih, lanjut dia, mengingat besarnya manfaat yang dirasakan masyarakat, pemerintah berkomitmen akan terus memberikan bantuan tersebut di masa mendatang.

"Ini akan terus kita pantau, akan kita lihat, kalau bagus akan kita tingkatkan lagi. Setiap tahun ada terus baik KIP, PKH, ada semuanya," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini