Sukses

Jokowi Salurkan Bansos di Pesisir Pulau Galang Batam

Total bantuan yang disalurkan Jokowi di Kota Batam mencapai Rp 64,1 miliar.

Liputan6.com, Batam - Pemerintahan Jokowi - JK terus melakukan pemerataan jangkauan bantuan sosial nontunai kepada keluarga miskin. Bukan hanya di wilayah perkotaan, tetapi juga di perbatasan dan kepulauan.

"Kita ingin ke depan seluruh anak Indonesia sehat dan cerdas, karena persaingan 20-30 tahun ke depan akan semakin berat," kata Presiden Jokowi usai penyerahan bantuan nontunai, di Kelurahan Sembulang, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Kamis 23 Maret 3017.

Presiden bernama lengkap Jokow Widodo itu mengatakan, tujuan pemerataan bantuan agar dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat. Sebab ke depan persaingan bukan hanya antarkota atau kabupaten lagi tapi antarnegara.

"Jadi harus disiapkan betul anak-anak kita, biar bisa memenangkan persaingan tersebut. Di sana pintar kita harus lebih pintar, di sana maju kita harus lebih maju. Itu yang namanya bersaing," Jokowi berpesan.

Adapun dalam penyerahan bantuan secara simbolis itu, Jokowi berpesan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), agar jangan sampai bantuan dipergunakan selain yang diperuntukkan.

Salurkan Bantuan Rp 64,1 Miliar

Sementara, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, penyaluran bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Batam telah menggunakan fasilitas perbankan.

Khofifah yakin skema bantuan sosial nontunai yang dilakukan Kementerian Sosial, mampu mempercepat penanggulangan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan antarindividu dan antardaerah.

"Sedikitnya 43.123 keluarga di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (2017) menerima bansos dengan memanfaatkan teknologi perbankan," kata Khofifah.

Bansos nontunai yang disalurkan di Kota Batam mencapai Rp 62,9 miliar, yang terdiri dari PKH nontunai senilai Rp 20,09 miliar untuk 10.631 keluarga. Dan BPNT sejumlah Rp 42,8 miliar untuk 32.493 keluarga.

Penyerahan PKH nontunai ini bersamaan dengan penyerahan paket bantuan sosial lainnya, di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Program Makanan Tambahan (PMT).

Secara keseluruhan total bantuan sosial yang disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial untuk Kota Batam sejumlah Rp 64,1 miliar, terdiri dari PKH non tunai, BPNT, dan bansos lanjut usia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini