Pewaris Mbah Priok, Habib Sting: Jarang Orang Seperti Ahok

Oleh Moch Harun Syah pada 17 Mar 2017, 13:58 WIB
Makam Mbah Priok

Liputan6.com, Jakarta - Habib Abdullah bin Abdurahman Alaydrus atau Habib Sting mengatakan, dirinya menyambut baik ketika makam keramat Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad atau akrab dikenal sebagai Mbah Priok dilindungi dan diperlakukan sebagai cagar budaya.

Habib Sting, selaku ahli waris Mbah Priok, mengungkapkan, jarang ada orang seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang peduli dan datang langsung untuk melihat serta meyakini makam keramat.

"Jarang yang begitu. Mau lihat ke sini, terus dia tepuk langsung itu pejabat-pejabat untuk bisa ikut berpartisipasi menjaga makam," kata Habib Sting saat berbincang dengan Liputan6.com di depan makam keramat, Jakarta Utara, Jumat (17/3/2017).

Habib Sting menegaskan, dirinya tidak pernah mau melihat Ahok berasal dari suku, agama ataupun dari keturunan. Yang jelas, saat seseorang peduli dan cinta kepada Islam serta memperhatikan makam wali, dirinya akan menyambut dengan tangan terbuka.

"Dia peduli kok, kalau nggak ada SK Gubernur yang menjadikan ini cagar budaya bisa selesai ini makam. Dia pihak pemerintah dan jelas dia mau mendukung dan ikut menjaga," tegas dia.

Habib Sting juga menyatakan, dirinya tidak mau berpolitik dan ikut larut dalam pilkada. Ia kembali menyebutkan, pihaknya tidak pernah mengundang atau memaksa Ahok untuk hadir ke makam Mbah Priok. Yang jelas, Habib Sting ingin menjaga silaturahmi dengan siapapun baik itu Ahok atau jamaah yang hadir ke makam.

"Ya sampaikan pernah hubungan kita jangan sampai di sini aja, Pak Ahok. Kita bisa jadi keluarga, saudara. Dan bisa ke sini, Pak, saat Haul Qubro," kata Habib Sting.

Ahok telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur mengenai penetapan makam Mbah Priok sebagai cagar budaya.

Penyerahkan SK ini langsung dilakukan di Makam Mbah Priok pada Sabtu 4 Maret 2017. Sebelum menandatangani prasasti peresmian dan mengakhiri pidatonya, Ahok berharap agar tempat ini dikunjungi dengan semestinya.

"Semoga tempat ini menjadi berkah, rezeki bagi Habib Sting, saya berharap tetap sehat dan menjadi penolong bagi orang lain," tutur Ahok.

Terakhir, Ahok menyampaikan kepada warga sekitar agar tidak perlu khawatir lagi. Sebab, makam Mbah Priok tidak akan digusur atau disengketakan lagi. Sebab, semua landasan hukumnya sudah jelas.

"Makam Mbah Priok sebagai situs cagar budaya, jadi dilindungi Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2007," Ahok menandaskan.

Yosafat RudjuYosafat Rudju

Memamg Ahok itu cocoknya 2 periode jadi gubernur DKI..