Baru 44 Persen Tanah di Indonesia Bersertifikat

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 17 Mar 2017, 18:11 WIB
Sofyan Djalil

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengakatan saat ini di Indonesia baru 44 persen tanah di Indonesia yang memiliki sertifikat.

Sofyan Djalil mengaku sertifikasi tanah baik milik masyarakat maupun pemerintah belum memenuhi target. Saat ini baru 44 persen tanah milik masyarakat dan pemerintah yang sudah bersertifikat.

"Untuk sertifikasi aset, dari 100 persen aset tanah di Indonesia yang baru bersertifikat itu sekitar 44 persen. Masih jauh sekali termasuk aset yang dimiliki pemerintah," kata Sofyan usai menandatangani MoU dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Menurut Sofyan, pihaknya telah memiliki program untuk meningkatkan kepemilikan sertifikasi tanah untuk masyarakat dan pemerintah.

Sebab, kata Sofyan, hal ini menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo. Presiden menginginkan seluruh tanah di Indonesia bisa bersertifikat.

"Kita punya program sertifikasi, tahun ini target 5 juta bidang, tahun depan 7 juta bidang. Tahun berikutnya 9 juta bidang," tambah Sofyan.