Longsor Terjang Kampung Padat Penduduk di Bogor, 6 Rumah Rusak

Oleh Achmad Sudarno pada 10 Mar 2017, 23:32 WIB

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Bogor, Jawa Jawa Barat, menyebabkan tanah longsor di Gang Surya RT 06/15 Kelurahan Empang, Bogor Selatan, Jumat sore.

Longsor yang terjadi di daerah permukiman padat penduduk itu menyebabkan enam rumah warga rusak. Di antaranya rumah milik Hasan yang ada di belakang tebing yang longsor. Sebagian rumahnya rusak tertimpa material tanah dan turap.

Selain itu, longsor juga merusak rumah milik Soleh yang ada di sisi bawah tebing. Sebagian rumahnya rusak akibat runtuhan material longsor.

Demikian pula rumah milik Kokoy yang ada di atas tanah yang longsor. Sebagian turap belakang rumahnya amblas dan menyebabkan sebagian rumah itu tergantung.

"Untuk sementara rumah dikosongkan untuk antisipasi longsor susulan. Para penghuni diungsikan ke tetangganya," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor tebing setinggi tujuh meter dan lebar 12 meter ini. Meski demikian, bekas longsor bisa menyebabkan longsor susulan.

"Dampak yang mungkin terjadi apabila hujan terus menerus akan terjadi longsor susulan," ungkap dia.

Saat ini, petugas dibantu warga setempat sedang melakukan kerja bakti untuk menyingkirkan material longsor. Bekas lokasi longsor juga akan ditutupi dengan terpal untuk mencegah terjadinya longsor susulan.

"Upaya yang dilakukan saat ini tim gabungan dan warga setempat sedang kerja bakti," jelasnya.