Perluas Stasiun Bogor, Belasan Bangunan Dibongkar

Oleh Achmad Sudarno pada 10 Mar 2017, 12:17 WIB

Liputan6.com, Bogor - Belasan bangunan tempat usaha di atas lahan milik PT KAI Jalan Mayor Oking, Kota Bogor dibongkar. Rencananya, lahan seluas 6.000 meter persegi ini akan diperluas dan digunakan untuk fasilitas penunjang di Stasiun Bogor.

"Rencananya untuk perluasan fasilitas penunjang, di antaranya parkir kendaraan dan tempat peron," kata Kepala Stasiun Bogor Sugi Hartanto, Jumat (10/3/2017).

Sugi menyebutkan, ada 14 bangunan yang dibongkar. Di antaranya TK PAUD, gardu listrik, dan sejumlah rumah yang beralihfungsi menjadi tempat usaha atau kantor.

"Rata-rata bangunan di sana sudah menjadi tempat usaha," kata dia.

Menurut Sugi, pembongkaran bangunan ini sudah sesuai prosedur. Bahkan PT KAI telah memberikan kebijakan berupa kompensasi kepada para pengelola bangunan tersebut.

Sementara sebagian besar bangunan yang berdiri di atas lahan milik PT KAI rata dengan tanah. Hanya tersisa bangunan TK PAUD yang masih berdiri.

PT KAI akan membongkar TK milik Yayasan Wanita Kereta Api tersebut setelah direlokasi ke kawasan Paledang. Untuk sementara waktu, siswa diliburkan hingga aktivitas pembongkaran selesai.

"Kalau sekolah sendiri memang belum dibongkar. Informasinya akan dibongkar tahap selanjutnya jika relokasi selesai," kata Kepala Sekolah TK YWK, Herlin Novianti.