Sukses

Lagi, Pemkab Purwakarta Bangun Taman Kota

Lahan kosong yang terletak di jalan arteri Purwakarta - Padalarang itu akan disulap menjadi Taman Tangga Cinta dan Taman Baca Ciganea.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah taman di Kabupaten Purwakarta akan bertambah. Sebentar lagi, lahan kosong yang terletak di jalan arteri Purwakarta - Padalarang itu akan disulap menjadi Taman Tangga Cinta dan Taman Baca Ciganea.

Meski lahan tersebut merupakan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pihak pemda setempat mengaku sudah melakukan inisiasi dengan pihak kementerian agar taman tersebut dapat segera dibangun.

"Ada dua titik, yang satu 410 meter dan satu lagi 500 meter, hampir 1 hektar. Tempat ini akan menjadi ruang publik, kita lengkapi dengan tempat bermain anak," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat meninjau lokasi tempat taman tersebut hari ini Senin (6/3).

Terkait kerjasama, Pemkab Purwakarta saat ini telah mengantongi izin dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Maka dari itu, anggaran sebesar Rp2 Miliar pun telah disiapkan Pemkab setempat untuk pembangunan taman di lahan tersebut.

"Izin untuk dikelola dan dimanfaatkan sebagai ruang publik sudah kita peroleh dari kementerian terkait," katanya menambahkan.

Dedi tidak memungkiri kendala yang dia alami dalam rangka membangun ruang-ruang publik di wilayahnya. Menurut dia, tanah milik pemerintah kebanyakan digunakan untuk mendirikan bangunan semi permanen tanpa izin.

"Kendalanya bangunan liar, tetapi berkat komunikasi yang baik, sudah bisa diatasi," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Aep Durohman ditempat yang sama mengatakan, pihaknya dibawah koordinasi Bupati Purwakarta terus melakukan penataan lahan-lahan kosong milik pemerintah untuk dijadikan ruang publik dan kawasan hijau.

"Ini tentu akan mengubah wajah kota. Sebelum ini ada Taman Parcom, pengerjaannya sudah proses," ujar Aep. 

Powered By:

Kab. Purwakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.