Sukses

Terancam Longsor, Puluhan KK di Bogor Minta Direlokasi

Puluhan KK minta dipindahkan karena rumahnya berada di lokasi rawan longsor.

Liputan6.com, Bogor - Bencana tanah longsor terus mengintai warga Bogor. Bencana ini membuat puluhan Kepala Keluarga (KK) di Desa Nanggung di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor meminta direlokasi atau dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

Warga mengaku dibayangi kekhawatiran ancaman longsor. Terutama saat diguyur hujan deras membuat warga resah.

Kepala Desa Nanggung, Ukar Sukardi mengungkapkan, sebanyak 51 KK meminta direlokasi ke tempat yang lebih aman. Ada 45 KK berasal dari Kampung Pariuk dan 6 KK dari Kampung Banar.

Kediaman 45 KK di Kampung Pangaur berada tepat di bawah tebing yang cukup tinggi dan curam. Bahkan, gejala tanah longsor sudah terlihat.

Di sejumlah titik tebing setinggi kurang lebih 80 meter itu mulai terdapat retakan yang dikhawatirkan memicu longsor. Apalagi saat ini curah hujan di wilayah tersebut cukup tinggi.

"Warga juga takut karena sudah muncul retakan yang dikhawatirkan memicu longsor. Makanya mereka minta direlokasi," ujar Ukar, Jumat (3/3/2017).

Longsor di Bogor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sementara di Kampung Banar, ada dua rumah di antaranya sudah hanyut terseret arus sungai Cidurian belum lama ini.

"4 rumah lainnya yang berada di bantaran sungai itu terancam hanyut karena terus mengalami abrasi akibat (sungai) sering meluap," kata dia.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Asep Usman menuturkan, Kecamatan Nanggung merupakan zona merah tanah longsor. Letak permukiman yang berada di wilayah perbukitan membuat kawasan tersebut sangat rawan.

"Begitu juga yang tinggal di bantaran sungai, rawan longsor," kata dia.

Dua pekan lalu, sebuah bukit di Desa Nanggung longsor dan menutup badan jalan. Akibatnya, warga Kampung Nangela 1 dan Nangela 2, Desa Nanggung terisolasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

Video Terkini