Sukses

Ayat Alquran dari Raja Salman untuk Muslim Indonesia

Ayat tersebut tertulis dalam kiswah yang menjadi hadiah dari Raja Salman saat kunjungannya ke Masjid Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Pada kedatangannya ke Masjid Istiqlal, Kamis (2/3/2017), Raja Salman bin Abdulaziz al Saud menghadiahkan selembar kiswah atau kain penutup Kakbah.

Kiswah itu diberikan Raja Salman kepada Masjid Istiqlal melalui Imam Besar KH Nassarudin Umar. Kiswah ini merupakan kain sepanjang 3 meter bertuliskan ayat Alquran dan dijahit dengan benang emas.

Ayat tersebut merupakan ayat 125 Surat Al Baqarah yang membahas mengenai Kakbah. Arti ayat tersebut adalah:

"Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang iktikaf, yang rukuk dan yang sujud".

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, kiswah itu diberikan khusus Raja Salman untuk Masjid Istiqlal.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud bersama rombongan memberikan kiswah atau potongan penutup Kabah untuk masjid Istiqlal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lukman tidak menjelaskan ayat maupun makna yang tertulis dalam kiswah itu. Yang pasti, hadiah ini sebagai tanda kepedulian dan kedekatan Raja Salman dengan masyarakat Indonesia.

"Intinya itu adalah simbol bahwa perhatian tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat Saudi Arabia terhadap Indonesia begitu besar," ucap Lukman di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Jadi itu sebagai simbol bahwa hati beliau tetap melekat di hati umat muslim Indonesia dan itu dihadiahkan secara simbolis kepada Masjid Istiqlal," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini