Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Ahok Ungkap Penyebab Jakarta Banjir Lagi

Dalam Top 3 Berita Hari Ini, Ahok menjelaskan penyebab Jakarta dan sekitarnya kembali terendam banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini teratas di kanal News ditempati berita tentang respon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terkait banjir di sejumlah titik di Jakarta. 

Menurut Ahok, banjir yang terjadi di wilayah Ibu Kota, khususnya di Cipinang Melayu disebabkan adanya tanggul yang jebol. Padahal sebelumnya kawasan tersebut sudah tidak lagi terendam banjir.

Ahok juga menuturkan penyebab lainnya, yaitu dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi pada hari ini. Sehingga membuat Kali Sunter meluap lagi.

Selain di Cipinang Muara, banjir setinggi 40 sentimeter menggenangi kawasan depan Mal Kalibata City. Genangan juga sempat muncul di Jalan Medan Merdeka Utara yang lokasi berada seberang Istana Kepresidenan, Jakarta.

Banjir juga terjadi di wilayah Jakarta Utara, tepatnya di Jalan RE Martadinata, Ancol. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Jakarta Dikepung Banjir, Ini Kata Ahok

Mobil pompa penyedot air Dinas Tata Air dikerahkan untuk menyedot air banjir yang merendam Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (21/2). Hujan yang mengguyur sejak Selasa dinihari membuat sebagian wilayah di Jakarta banjir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hujan deras mengguyur Ibu Kota serta mengakibatkan sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya terendam banjir. Lalu, apa respons Gubernur DKI Jakarta Ahok terkait banjir tersebut?

"Ya kayak kamu isi gelas. Kamu isi terus akhirnya bagaimana? Ya pasti luber kan," kata pemilik nama langkap Basuki Tjahaja Purnama ini di Balai Kota, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Ahok menjelaskan, hasil peninjauan banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, disebabkan adanya tanggul jebol.

Sebab lain banjir adalah sodetan Ciliwung di bantaran Bidaracina. "Ciliwung kan kalinya besar, saya minta sodetan yang di Bidaracina itu yang dinormalisasikan. Karena itu hitungannya akan menampung 600 kubik per detik, tapi itu kan terlambat," Ahok membeberkan.

Selengkapnya...

2. Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Banjir

Kawasan Kemang tergenang banjir hingga 80 cm saat hujan yang mengguyur Jakarta, Jumat (11/11). (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Hujan deras yang terjadi sejak dini hari hingga pagi ini membuat sejumlah titik di wilayah Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan genangan atau banjir di sejumlah lokasi.

Dikutip dari akun twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, genangan terjadi di Jalan Jenderal Sudirman depan Universitas Atmajaya. Di lokasi tersebut, air menggenang hingga ketinggian 20 sentimeter.

Selain di kawasan tersebut, banjir juga terjadi di traffic light Mangga Dua. Di lokasi tersebut, banjir membuat kendaraan tak dapat melintas.

Banjir juga terjadi di wilayah Jakarta Utara, tepatnya di Jalan RE Martadinata, Ancol. Banjir disebabkan Kali Ancol yang meluap.

Selengkapnya... 

3. Diguyur Hujan, Massa Aksi 212 Mulai Datangi Gedung DPR

Massa aksi 212 yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) mulai mendatangi halaman depan Gedung DPR. (Liputan6.com/Taufiqurrohman)

Massa yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) mulai mendatangi halaman depan Gedung MPR/DPR/DPD, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta. Mereka menggelar aksi 212 atau 21 Februari.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Selasa (21/2/2107), meski hujan deras mengguyur Ibu Kota sejak dini hari, tak menyurutkan peserta aksi 212 untuk menyuarakan tuntutannya.

Para demonstran menyampaikan aspirasi kepada DPR agar tidak ada kriminalisasi ulama.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.