Sukses

Sungai Cikeas Meluap, Perumahan di Jatiasih Terendam Banjir

Banjir disebabkan ljebolnya tanggul Sungai Cikeas yang melintasi perumahan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Meluapnya sungai Cikeas, Bekasi, Jawa Barat mengakibatkan sebanyak 14 kompleks perumahaan terendam banjir. Kawasan ini mulai terendam sejak Minggu 19 Februari 2017 kemarin.

Salah satu perumahan yang terendam adalah Bumi Nasio Indah, Jatiasih. Air mulai merendam kawasan ini sejak pukul 08.30 WIB, kemarin. Sejak Minggu, 19 Februari 2017 pukul 08.30 WIB komplek tersebut sudah tergenang sekitar 50 sentimeter.

Penyebabnya adalah tanggul jebol yang berada di belakang perumahan tersebut. Air terus meninggi sekitar pukul 21.00 WIB.

"Parahnya semalam (Minggu 19 Februari) sekitar jam 9 malam sepaha, sewaktu saya membeli susu anak saya," ujar Ayesha Firdaus (31) kepada Liputan6.com pada Senin (20/2/2017).

Pada Senin pagi (hari ini), Ayesha mengatakan, air mulai surut sekitar 30 sentimeter. Sebanyak 400 rumah di dua RW, yakni RW 15 dan RW 16, terkena dampak banjir.

Adapun petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana menerjunkan petugasnya di lokasi untuk membantu evakuasi warga dengan dua perahu karet.

Ayesha mengatakan, di perumahan di tinggal terdapat pompa penyedot air bilamana kawasan yang dia tinggali terendam air. Pompa tersebut menyedot air dan membuangnya ke Sungai Cikeas. Namun, karena tanggul tersebut jebol pompa tersebut tidak dapat digunakan.

"Di komplek ada penyodot air karena air meluap jadi tidak bisa digunakan," jelas Ayesha.

Hingga pukul 11.00 WIB, banjir masih merendam kawasan ini. Adapun listrik masin menyala dan belum dipadampan petugas PLN. (Fitra Hasnu)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini