Saat Jokowi Terpeleset Lidah Ucap Singkatan Panjang

Oleh Ahmad Romadoni pada 17 Feb 2017, 11:50 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan proses Financial Close Pembiayaan Proyek Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA). Dalam sambutannya, Jokowi mengeluhkan banyaknya singkatan panjang yang ada di Indonesia.

Tak bisa dipungkiri, hampir di setiap lini singkatan dari sebuah istilah muncul. Meski disebut singkatan, tetapi tidak jarang singkatan itu tetap saja panjang dan sulit untuk disampaikan bahkan diingat. Inilah yang dialami Jokowi.

"Ini singkatanya kok yah kadang-kadang sulit, apa ini kepanjangannya Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) singkatannya paling panjang tiga gitu loh," keluh Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Jokowi pun tak sungkan menyampaikan keluhan soal banyak singkatan yang harus dibacakan dalam sebuah acara. Begitu juga singkatan yang berkaitan dengan program-program pemerintah.

"PP (Peraturan Pemerintah) kan enak. Saya suka kebalik-balik, carikan yang pendek-pendek, senengnya singkatan panjang-panjang," imbuh Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi mengatakan tidak canggung dan mengakui sering lupa dengan beberapa singkatan yang lazim dikatakan. Tidak jarang pula, Jokowi tertukar karena singkatan dari istilah itu mirip.

"RPJMP, RPJMN, saya kadang-kadang ingat, kadang kadang luput, Rencana Pembangunan Jangka Menengah, haduh," tutur Jokowi.

Pengakuan Jokowi ini membuat tamu undangan tertawa. Suasana menjadi lebih cair dan hangat dengan guyonan yang disampaikan Jokowi di tengah isu percepatan pembangunan yang sedang menjadi bahasan utama.

The_Rock

Daya beli masyarakat saat ini lemah karena ada pihak pihak yg memboikot kerja pemerintah, secara terstruktur dan terencana untuk kepentingan pilpres 2019.....

Sukamto Ari

tksh pakmjokowi bnyk pembangunan di era bpk, cm daya beli ko ssh bangt nih

Tandiono

betul bos, setelah masa reformasi untuk DikNas saja banyak yang jas profesor hanya karena menemukan singkatan baru, UMPTN ganti berapa kali, ada KBM, UBK, dan lain lain lagi, padahal mutunya terjun bebas

Lihat Lainnya