Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kembali Jadi Gubernur, Ahok Terima Aduan

Top 3 Berita Hari Ini, Ahok diserbu warga yang mengadu di Balai Kota setelah 3,5 bulan cuti kampanye.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini teratas di kanal News ditempati kabar tentang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Setelah 3,5 bulan cuti kampanye, Ahok hari ini kembali bekerja di Balai Kota.

Sontak, Balai Kota yang dulu senyap kini riuh kembali oleh kedatangan warga yang hendak mengadu kepada Ahok. Selain aduan, mereka juga tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berselfie ria dengan sang gubernur petahana.

Sementara itu, di sidang Ahok ke-10 terjadi perdebatan panjang antara Majelis Hakim dengan salah satu saksi ahli agama.

Perdebatan itu dipicu oleh pertanyaan hakim terkait orang yang berhak menyampaikan ayat suci Al Quran selain ulama.

Hingga malam ini dua berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal News, Senin (13/2/2017).

Tak kalah menarik, kedatangan Ketua FPI Rizieq Shihab ke Mapolda Bandung, Jawa Barat. 

Selain memenuhi panggilan terkait kasus penghinaan lambang negara, Rizieq Shihab membawa tesis untuk diserahkan ke penyidik.  

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Hari Pertama Masuk Balai Kota, Ahok Diserbu Aduan Warga

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada hari pertamanya usai cuti kampanye. (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

Suasana Pendopo Balai Kota DKI Jakarta kembali riuh oleh puluhan warga yang ingin mengadu kepada Ahok pagi tadi. Padahal sebelumnya, saat Ahok nonaktif menjadi gubernur, pendopo itu sepi.

"Hari ini balik (ramai) lagi," ujar salah satu staf Balai Kota, Jakarta, Senin (13/2/2107).

Warga yang datang mayoritas ibu-ibu yang membawa map berisi pengaduan. Mereka berbaris dan menyiapkan ponsel untuk berswafoto dengan Ahok.

Ahok tampak semringah meladeni foto dengan warga. Ahok lantas menerima pengaduan warga sebelum berangkat sidang.

Selengkapnya...

2. Hakim dan Saksi Ahli Debat Panjang di Sidang Ahok 

Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berbincang dengan kuasa hukumnya disela sidang ke-10 di Auditorium Gedung Kementan, Jakarta, Senin (13/2). Salah satu saksi ahli, Prof Dr Muhammad Amin Suma dihadirkan pertama kali. (Liputan6.com/Ramdani/Pool)

Seorang hakim dan saksi ahli dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Amin Suma, berdebat panjang pada sidang Ahok ke-10 terkait kasus dugaan penistaan agama. Hakim bertanya pada saksi Amin Suma terkait orang biasa selain ulama yang menyampaikan ayat suci Alquran.

"Apakah orang tersebut (Ketua RT) menyampaikan kebenaran?" tanya hakim di auditorium Kementan, Senin (13/2/2017).

"Itu yang saya bilang belum pasti. Kalau terjemahannya salah, ya salah dia," ujar Amin di ruang sidang, Kementerian Pertanian, Ragunan, Senin (13/2/2017).

Mendengar jawaban Amin, hakim tidak puas.

"Saya enggak tanya siapa yang menyampaikan, tapi yang disampaikan kebenaran tidak? Ini bukan soal tafsir? Memberi nasihat kepada masyarakat tidak boleh?" Cecar hakim.

Selengkapnya...

3. Datangi Polda Jabar, Rizieq Shihab Bawa Tesis tentang Pancasila

Rizieq Shihab datang ke Markas Polda Jawa Barat, Kota Bandung

Muhammad Rizieq Shihab akhirnya datang ke Markas Polda Jawa Barat, Kota Bandung. Dia memenuhi panggilan Direktorat Reserse Kriminal Umum terkait kasus penghinaan lambang negara dan pencemaran nama baik.

Rizieq juga membawa tesis yang berjudul "Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syari'at di Indonesia".

"Sekaligus hari ini saya bawa tesis, yang akan saya serahkan kepada penyidik. Ini tesis tentang 'Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syari'at Islam di Indonesia'. Insya Allah tesis ini akan saya serahkan kepada penyidik untuk nanti bisa dilihat dan dipelajari apa yang saya bicarakan tentang Pancasila," jelas dia.

 Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.