Sukses

Ada Penutupan Jalan Saat Sidang Ahok, Cek Rute Alternatifnya

Untuk kendaraan yang melaju dari Fatmawati hanya diberikan pilihan mengarahkan kendaraannya menuju Warung Buncit atau Mampang.

Liputan6.com, Jakarta Sidang ke-9 kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali digelar hari ini. Meski massa aksi belum terlihat hingga pukul 08.00 WIB, kawasan sekitar lokasi sidang diprediksi bakal ramai.

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Purwanta mengatakan, selain melakukan penutupan jalan, polisi juga tetap memberikan pengamanan ketat selama sidang berlangsung.

Dijelaskan Purwanta, dalam sidang kesembilan yang dijalani mantan Bupati Belitung Timur tersebut, pihaknya mengerahkan ribuan personel gabungan yang terdiri dari Sabhara, tim Gegana, Brimob, dan polwan.

Pengamanan nantinya akan difokuskan pada dua kubu massa, yakni pro-Ahok dan kontra Ahok. Kedua kubu massa tersebut akan dikanalisasi dan dibatasi dengan kawat berduri serta mobil taktis kepolisian seperti Barracuda dan water canon. Mereka juga dipisahkan dengan jarak yang cukup jauh, kurang lebih 300 meter.

"Pengamanan dilakukan sesuai SOP, kami siagakan personel di empat ring, ruangan sidang, pelataran Kementan, luar gedung Kementan, dan di jalanan. Seperti biasa Jalan RM Harsono ditutup," ujar Purwanta di Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (7/2/2017).

Jalan Alternatif

Akibat penutupan jalan, akses di depan Auditorium Kementerian Pertanian tak bisa dilalui kendaraan. Pengendara harus mengalihkan perjalanan ke jalan yang lain karena adanya sidang Ahok.

Jika pengendara melaju dari arah Warung Buncit, maka mereka harus mengarahkan kendaraan ke arah Pasar Rebo.

Sedangkan kendaraan yang melaju dari arah Tanjung Barat, pilihannya harus mengarahkan kendaraan ke arah Fatmawati, putar balik ke arah Pasar Rebo atau ke arah Warung Buncit atau Mampang.

Kemudian, untuk kendaraan yang melaju dari Fatmawati hanya diberikan pilihan untuk mengarahkan kendaraannya menuju Warung Buncit atau Mampang.

Untuk akses ke lokasi sidang Ahok, pengendara harus memutar di Trakindo Cilandak lewat pintu belakang.

Apabila masyarakat yang hendak menggunakan jasa angkutan Transjakarta bisa naik dari Halte SMK 57.

"Dalam penguraian arus lalu lintas, kita tempatkan pula anggota di dua titik, yakni Trakindo dan Pertanian," kata Purwanta.

Sementara itu, Kasi Prasarana Jalan Polda Metro Jaya Kompol Puji Mulyanto mengatakan persiapan yang dilakukan pihak kepolisian telah cukup matang dalam menghadapi sidang Ahok hari ini.

"Sudah cukup matang persiapan penutupan jalan, kita berlakukan mulai jam 5 pagi, tujuan bukan untuk menyusahkan masyarakat tapi untuk membantu dan mempermudah masyarakat karena adanya sidang," ujar Puji di lokasi yang sama.

Sidang Ahok pagi ini digelar dengan agenda pemeriksaan saksi dari JPU. Adapun saksi yang akan diperiksa dalam persidangan adalah Jaenudin dan Sahabudin yang merupakan nelayan Pulau Seribu dan anggota Fatwa MUI Hamdan Rasyid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.