Sukses

Masuk Puncak Musim Hujan, BMKG Imbau Warga Waspada Bencana

Hujan dengan intensitas tinggi memicu terjadinya bencana alam.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar mewaspadai bencana hidrometeologi yang potensial terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Bencana ini seiring dengan peningkatan curah hujan pada bulan Januari dan Februari 2017. Bencana hidrometeologi ini terkait dengan ancaman banjir, longsor, banjir bandang, dan pohon tumbang. 

"Diperkirakan pada periode 30 Januari–4 Februari 2017 wilayah Lampung bagian selatan, Banten, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah dan Timur bagian selatan, Bali, NTB dan NTT, Sulawesi Selatan dan Barat merupakan wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus S. Swarinoto, Senin (30/1/2017).

BMKG mencatat beberapa wilayah di Indonesia terjadi hujan dengan intensitas tinggi seperti di Bali, NTB, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, dan pesisir selatan Jawa.

Akibat diterpa hujan terus-menerus, kondisi tanah menjadi rentan longsor. Beberapa lokasi juga tercatat diterjang angin kencang seperti yang terjadi di Banjarnegara.

Yunita Oktaviany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.