Sukses

Curug Cipamingkis Bogor, Wisata Alam dan Mitos Enteng Jodoh

Yang mentok cari jodoh, mungkin bisa percaya mitos Curug Cipamingkis ini.

Liputan6.com, Bogor - Curug Cipamingkis, merupakan satu dari sekian banyak obyek wisata di Bogor yang wajib dikunjungi. Curug atau air terjun yang terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini tak hanya menyajikan keindahan alam yang dikelilingi pohon besar.

Curug Cipamingkis merupakan tempat pertemuan aliran dua sungai yang melintasi Kabupaten Bogor, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Nama Curug Cipamingkis sendiri diambil dari salah satu sumber sungai tersebut.

Udara sejuk dan air yang sangat dingin akan membuat Anda betah berlama-lama di curug ini. Melengkapi hutan yang dikelola di atas lahan seluas 16,50 hektar itu pengelola juga menyediakan sejumlah fasilitas yang instagramable atau menarik diunggah di media sosial.

Ada rumah pohon, taman, hingga perahu mini yang menjorok ke aliran sungai Cipamingkis, sehingga cocok untuk ber-selfie. Bergaya di rumah pohon dan replika perahu sambil memandang aliran sungai serta bukit yang indah.

Sekitar Curug Cipamingkis, banyak spot menarik yang rugi jika tidak diabadikan dan dipamerkan di media sosial. (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Namun, di balik kesejukan dan keindahannya, Curug Cipamingkis menyimpan kisah mistis, legenda, dan mitos di kalangan masyarakat setempat.

Air terjun ini dipercaya memiliki khasiat membuat orang cepat mendapat jodoh jika mandi tepat di bawah kucuran air terjun.

Mitos tersebut bermula dari kisah muda-mudi pada zaman dahulu yang berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat itu. Mereka berdoa pada sang pencipta untuk dipertemukan dengan jodohnya, akhirnya kisah tersebut tersebar dan hingga kini dipercayai masyarakat Sukamakmur.

Selain mitos enteng jodoh, Curug Cipamingkis juga menyimpan sisi mistis. Konon, menurut warga setempat, di area air terjun sering muncul penampakan makhluk halus berbentuk ular naga dengan kepala seorang perempuan cantik.

Curug Cipamingkis Bogor, Wisata Alam Berpadu Aroma Mistis. (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Masyarakat memercayai bahwa ratu ular yang sesekali menampakkan wujudnya itu merupakan penunggu curug tersebut.

"Tempat ini juga suka dipakai nyari ilmu gaib. Dulu pernah ada orang ke sini, setelah menerima sinar dari makhluk gaib dia punya kekuatan gaib," kata Roshidin, salah seorang warga setempat.

Terlepas kisah misteri yang menyelimutinya, lokasi air terjun Ciampingkis ini tak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata mereka ingin menjajal dinginnya air pegunungan yang asri dan segar. Sejumlah pengunjung juga tak segan mengambil air ke dalam botol untuk dibawa pulang.

Untuk mengurangi nuansa mistis tersebut, pengelola mempercantik tampilan lokasi dengan sarana modern tanpa merusak alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini