Sukses

TNI Terus Evaluasi Anggota Terlibat Kekerasan Terhadap Jurnalis

Ia menambahkan, peristiwa kekerasan terhadap jurnalis yang dilakukan oknum TNI memiliki sejumlah sebab.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Wuryanto memastikan pihaknya tidak mentolelir segala bentuk kekerasan yang dilakukan anggotanya terhadap jurnalis. Menurutnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku sangat fokus terhadap hubungan TNI dengan jurnalis.

"Panglima sangat konsen hubungan TNI dengan media. Beliau menyadari posisi strategis media. Kekerasan terhadap wartawan yang dilakukan oleh oknum prajurit kami sudah inventarisir cukup banyak, sudah kami evaluasi,‎" kata dia.

Hal itu disampaikan Wuryanto saat menjadi salah satu pembicara pada acara Simposium Nasional 'Stop Impunitas Pelaku Kekerasan terhadap Jurnalis', Kongres ke-5 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Hotel Novotel, Gajah Mada, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2017).

Ia menambahkan, peristiwa kekerasan terhadap jurnalis yang dilakukan oknum TNI memiliki sejumlah sebab. Namun demikian, ia menegaskan, TNI tetap akan memberikan sanksi tegas jika ada oknum yang terlibat dalam kekerasan terhadap jurnalis.

"‎Bahwa kejadian-kejadian (kekerasan) itu hampir selalu ada karena unsur ketakutan luar biasa dari komandan kesatuan, takut terpublikasi (oleh jurnalis) terkait pelanggaran (terhadap) masyarakat karena Panglima telah menyampaikan peringatan keras terkait pelanggaran yang dilakukan itu," Wuryanto memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini