Sukses

2.800 Personel Polri - TNI Bakal Amankan Unjuk Rasa FPI

Aksi tersebut terkait insiden bentrokan antara massa FPI dan LSM GMBI di Jawa Barat beberapa hari lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan massa Front Pembela Islam (FPI) dari Jakarta dan sekitarnya bakal menggelar aksi unjuk rasa di depan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin 16 Januari 2017 esok. Aksi tersebut terkait insiden bentrokan antara massa FPI dan LSM GMBI di Jawa Barat beberapa hari lalu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengaku telah menyiagakan ribuan personelnya untuk mengamankan jalannya aksi demo. Polda Metro Jaya juga akan mendapatkan bantuan kekuatan pengamanan dari Kodam Jaya.

"Kita ada 2.000 personel. Dari Kodam Jaya memberitahu ada 800 personel. Jadi total ada 2.800-an personel yang diturunkan," ujar Iriawan saat ditemui di bilangan Jakarta Selatan, Minggu (16/1/2017).

Berdasarkan surat pemberitahuan yang masuk, kata Iriawan, massa yang akan turun ke jalan diperkirakan berjumlah sekitar 5.000 orang. Massa tersebut berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Tapi kita lihat besok, apa betul atau tidak jumlahnya segitu. Besok kita lihat faktanya di lapangan," tutur dia.

Mantan Kapolda Jawa Barat ini mengaku akan mengakomodir semua aspirasi yang disampaikan massa FPI nanti. Namun begitu, ia mengimbau agar penyampaian pendapat di muka umum dilakukan dengan tertib.

"Kita akan layani FPI yang mau unjuk rasa. Aspirasinya kita akomodir. Silakan melakukan unjuk rasa dengan tertib, damai, dan dengan situasi menyejukkan," tandas Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.