Sukses

Jokowi Lantik KSAU Baru Hari Ini?

Jokowi sudah menetapkan satu nama untuk menduduki jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) baru menggantikan Marsekal Agus Supriatna.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah menetapkan satu nama untuk menduduki jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) baru menggantikan Marsekal Agus Supriatna. Walaupun masih dirahasiakan, nama yang paling santer terdengar adalah Marsekal Madya Hadi Tjahjanto.

Kabarnya, pelantikan akan dilaksanakan pada Jumat (13/1/2017) siang ini di Istana Negara.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi mengaku belum mengetahui waktu pasti pelantikan KSAU baru. Yang pasti, Jokowi sudah memilih satu dari tiga nama yang diajukan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Yang bisa saya sampaikan nama itu sudah diserahkan ke Presiden dan Presiden sudah memutuskan satu nama. Tapi kalau kamu tanya siapa yang akan dilantik, saya belum tahu, saya harus tanya lagi termasuk pelantikannya kapan saya belum tahu," kata Johan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Gatot mengajukan tiga nama kepada Jokowi sebagai bahan pertimbangan untuk dipilih menjadi KSAU menggantikan Agus. Mereka adalah Wakasau Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja, Wagub Lemhanas Marsekal Madya Bagus Puruhito, dan Irjen Kemenhan Marsekal Madya Hadi Tjahjanto.

Jokowi memang sudah menentukan pilihan. Santer terdengar, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjatuhkan pilihan pada Hadi Tjahjanto. Tidak heran bila memang Jokowi menjatuhkan pilihan ke Hadi.

Hadi pernah bertugas sebagai Sekretaris Militer Kepresidenan (Sesmilpres) era Jokowi sebelum akhirnya dipromosikan menjadi Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan. Dia merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986.

Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 itu sempat menempati beberapa jabatan strategis di TNI AU. Hadi sempat menjabat sebagai Perwira Menengah Dinas Administrasi dan Personel TNI AU.

Suami Nanik Istumawati itu melanjutkan tugas sebagai Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo Boyolali, Jawa Tengah pada 2010-2011. Jabatan Direktur Operasi dan Latihan Basarnas juga pernah diembannya pada 2011-2013.

Kariernya berlanjut dengan menjabat Kepala Dinas Penerangan TNI AU pada 2013-2015. Bapak dari Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama itu kembali memimpin Pangkalan Udara sebagai Danlanud Abdulrahman Saleh, Malang pada 2015.

Hadi mendapat pangkat Marsekal Muda dan langsung menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2015-2016. Terakhir, Hadi dipindahtugaskan sebagai Irjen Kemenhan serta kenaikan pangkat menjadi Marsekal Madya saat pemerintahan Jokowi pada 2016 sampai sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini