Sukses

Kapolda Sidak Pelabuhan Muara Angke Pascatragedi Zahro Expres

Usai KM Zahro Expres terbakar, M Iriawan mendatangi Pelabuhan Muara Angke untuk memastikan kapal layak dan siap untuk perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menyambangi Pelabuhan Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara. Dia bermaksud meninjau langsung sejumlah kapal yang berlabuh di titik awal KM Zahro Expres yang terbakar saat perjalanan menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (2/1/2017) sekitar pukul 14.30 WIB, Iriawan tiba di Pelabuhan Muara Angke. Bersama dengan sejumlah jajaran kepolisian yang salah satunya Kapolsek Jakarta Utara Kombes M Awal Chairuddin, dia langsung menuju kapal-kapal yang berada di tepi pelabuhan.

Iriawan sempat menanyakan sejumlah awak kapal yang ada di sana. Salah satunya terkait dengan pembelian tiket angkut penumpang.

Awak kapal mengaku ada loket yang tersedia di Pelabuhan Muara Angke untuk para penumpang melakukan perjalanan antarpulau.

"Loketnya di situ Pak," jawab awak kapal sambil menunjuk arah pembelian tiket.

Dia juga sempat bertanya kepada awak kapal lainnya soal kapasitas maksimal mengangkut penumpang. "220 orang Pak. Kalau sudah segitu enggak boleh masuk lagi," ujar awak kapal.

Iriawan mengatakan, kedatangannya ke Pelabuhan Muara Angke dalam rangka memastikan kapal yang ada layak dan siap digunakan untuk perjalanan. Mengingat kejadian sebelumnya terkait terbakarnya KM Zahro Expres yang memakan puluhan korban tewas.

"Kita tadi lakukan peninjauan untuk memastikan keselamatan kapal lain. Saya tanyakan kelengkapan fasilitas keselamatan," ujar Iriawan.

Iriawan meninggalkan lokasi sekitar pukul 15.30 WIB. Selanjutnya, dia akan mendatangi Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramatjati, Jakarta Timur untuk konferensi pers terkait insiden terbakarnya KM Zahro Expres.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.