Sukses

12 Tahun Tsunami, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Aceh

Hari ini, 12 tahun yang lalu, tsunami meluluhlantakan bumi serambi Mekah, Aceh.

Liputan6.com, Banda Aceh - Hari ini, 12 tahun yang lalu, tsunami meluluhlantakan bumi serambi Mekah, Aceh. Untuk memperingatinya, Gubernur Aceh Soedarmo memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di setiap kantor pemerintah dan swasta pada Senin 26 Desember 2016.

Gempa bumi 9,3 Skala Richter disusul dengan gelombang tsunami memporak-porandakan Aceh pada Minggu pagi, 26 Desember 2004. Ratusan ribu nyawa melayang.

"Sesuai dengan surat Gubernur Aceh Soedarmo, ditindaklanjuti oleh Plt Wailkota Sabang T. Aznal Zahri peringatan 12 tahun tsunami Aceh diinstruksikan untuk mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang," demikian imbauan yang disebarluaskan Dishubkominfo Kota Sabang.

Seperti dilansir Antara, imbauan ini juga diumumkan di masjid-masjid dan surau-surau. Peringatan 12 tahun tsunami Aceh juga akan diisi doa bersama.

Setiap tanggal 26 Desember, pemerintah dan penduduk Aceh mengenang musibah dasyat itu dengan menggelar doa bersama dan ziarah ke pemakaman masal di Blang Bintang, Aceh Besar dan Ulee Lheue, Banda Aceh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.