Sukses

JK: Bencana Nasional atau Bukan, Gempa Aceh Ditangani dengan Baik

Pemerintah langsung bergerak ketika gempa 6,5 SR melanda Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah langsung bergerak ketika gempa 6,5 SR melanda Aceh. Bantuan dari berbagai instansi langsung disalurkan dan masyarakat juga bergerak melakukan evakuasi korban.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, dalam penanganan bencana seperti ini tidak perlu dipermasalahkan bencana ini masuk kategori nasional atau daerah. Yang terpenting, segala hal yang diperlukan tertangani dengan baik.

"Yang penting bencana ditangani secara sama semuanya," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Dalam penanganan gempa Aceh ini, tim penyelamat yang turun tentu tidak akan membeda-bedakan korban. Siapa pun yang menjadi korban pasti ditangani.

"Apakah itu yang meninggal berapa, apalagi gempa ini kelihatan benar berapa korbannya. Yang penting bersama-sama daerah semua pihak masyarakat menangani," ujar JK.

Sampai saat ini memang belum diketahui berapa nilai kerugian akibat gempa yang merusak tiga kabupaten di Aceh, terutama di Pidie Jaya. Apalagi sampai saat ini proses evakuasi masih berlangsung.

JK juga belum bisa memperkirakan apakah bencana ini merupakan yang terbesar selepas tsunami Aceh 2004 lalu.

"Ya, belum bisa kita nilai hari ini. Mungkin satu-dua hari ini setelah dilihat semuanya bisa diketahui berapa besar semuanya," kata JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh