Sukses

VIDEO: Kunjungi Markas Marinir, Jokowi Pastikan Loyalitas TNI

Jokowi hendak memastikan TNI loyal kepada negara dan kepada perintah panglima tertinggi angkatan bersenjata, yaitu Presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Dari atas tank jenis amfibi BMP 3F Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin apel pasukan Marinir TNI Angkatan Laut (AL) di Mako Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat siang. Jokowi hendak memastikan TNI loyal kepada negara dan kepada perintah panglima tertinggi angkatan bersenjata, yaitu Presiden.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (11/11/2016), Jokowi juga melakukan hal serupa kepada pasukan Korps Brimob Polri di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat pada Jumat pagi. Jokowi memerintahkan para prajurit jadi perekat keberagaman.

Sebelumnya Jokowi juga melakukan safari militer ke Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur, Kamis 10 November.

Tak hanya mendekat ke militer, Jokowi juga mendekat ke ormas Islam dan alim ulama. Kunjungan ke ormas Islam besar seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, juga pertemuan dengan ulama dari berbagai daerah, dilakukan untuk menjaga keseimbangan informasi. Hal ini terkait pandangan umat terhadap kasus dugaan penistaan agama yang memicu protes umat Islam.

Di sisi lain, pengamat politik menilai Jokowi harus menjaga pernyataannya agar mendinginkan situasi. Hal ini sebagai bentuk konsistensi sikap terhadap penegakan hukum untuk menjaga kepercayaan rakyat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.