Sukses

Sirnanya Cinta Jokowi pada Bera Beri

Siapa empat nama yang membuat Jokowi kesengsem, lantas kemudian sirna rasa itu.

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak yang tahu Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki domba peliharaan. Diam-diam Jokowi juga tertarik dengan hewan berbulu tebal itu.

Jokowi mengatakan ia memiliki empat domba yang baru saja dibelinya beberapa bulan lalu. Setiap domba memiliki nama khusus, yakni Bera, Beri, Dogar, dan Edo. Domba yang dibeli dengan harga Rp 3-4 juta itu sudah cukup membuat dirinya bangga.

Namun, kebanggaan itu sirna ketika melihat jajaran peserta Kontes Domba dan Kambing memperebutkan Piala Kemerdekaan dalam rangka HUT RI.

Ada empat kategori yang dilombakan dalam kontes kali ini. Pemenang setiap kategori pun diajak masuk ke tenda utama dan foto bersama dengan Jokowi.

Kategori Raja Petet (domba di bawah 2 tahun) dimenangkan Mutiara milik H Tata dari Kabupaten Bandung. Kategori Raja Kasep (domba di atas 2 tahun) dimenangkan Lasminingrat milik H Opi asal Kota Bandung.

Jokowi dan domba kesukaanya (Liputan6.com/Doni)

Kemudian kategori Raja Pedaging dimenangkan oleh Bejo milik H Ibing dari Kabupaten Bandung Barat. Dan terakhir, Ratu Bibit yang diraih oleh Dewi milik M Kamaludin dari Kabupaten Garut.

Tidak mau kalah, empat domba milik Jokowi pun hadir dalam sesi catwalk domba. Sang Presiden yang mengenakan kemeja putih pun tak kuasa menahan tawa lantaran domba-domba kepunyaannya jauh berbeda dengan peserta kontes.

"Setelah ini mungkin saya ajak ke Istana, kita foto di Istana. Dombanya dibawa juga enggak apa-apa, tapi yang juara. Yang enggak juara juga enggak apa-apa nanti akan saya kenalkan dengan domba saya juga. Meskipun ya malu-malu enggak apa-apa, gimana tanduknya juga kecil, terkaget-kaget saya. Pak Teten memberi tahu juga, tapi baru tahu kalau saya punya, jadi memberi tahunya juga terlambat," tutur Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2016).

Tidak lama kemudian, para pemenang diajak masuk ke halaman Istana untuk berfoto bersama. Rupanya empat domba Jokowi sudah ada di halaman.

Jokowi kemudian menenteng sekantung singkong yang sudah dipotong kecil-kecil. Seperti sudah tahu tuannya, para domba itu langsung menghampiri Jokowi. Mereka lalu berebut singkong yang dibawa Jokowi.

Jokowi dan domba kesukaanya (Liputan6.com/Doni)

"Ini baru saya beli. Di sini juga dilepas saja enggak dikandangin. Kalau di depan kan merusak, jadi di belakang," kata Jokowi sambil memberikan singkong.

"Saya cuma suka tanduknya saja kan bagus. Saya kira ini sudah bagus. Eh, ternyata pas lihat tadi wah nge-drop saya," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini hanya tertawa saat ditanya nama-nama domba peliharaannya. Rupanya, Jokowi pun tidak hafal betul.

"Endak tahu aku, yang kasih nama anak-anak," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini