Sukses

VIDEO: Kemeriahan Peringatan HUT ke-71 RI di Berbagai Daerah

Disejumlah daerah, HUT ke-71 RI diperingati dengan beragam cara, mulai upacara di dasar laut, pesta bakar ikan dan berbagai macam lomba.

Liputan6.com, Raja Ampat - HUT ke-71 RI diperingati dengan beragam cara. Mulai dari upacara di dasar laut, pesta bakar ikan hingga menggelar berbagai lomba yang mengundang gelak tawa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (17/8/2016), upacara pengibaran bendera di bawah laut dilaksanakan sebagai rasa cinta Bhayangkari pada Tanah Air Indonesia. Upacara di laut kampung Saunek, Raja Ampat, dipimpin oleh Ketua Umum Bhayangkari Ny Tito Karnavian dan diikuti anggota bhayangkari dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Di tengah keindahan bawah laut Raja Ampat yang sangat terkenal di dunia, bendera merah putih dikibarkan. Upacara berlangsung khidmat. Cuaca yang cerah membuat para peserta upacara juga bisa menikmati indahnya alam bawah laut Raja Ampat.

Sementara itu, ratusan warga kota Makassar, Sulawesi Selatan memperingati hari kemerdekaan RI dengan menggelar pesta rakyat. Pesta rakyat digelar dengan membakar ikan sepanjang 200 meter di depan rumah warga di sepanjang Jalan Barukang. Jenis ikan yang dibakar antara lain ikan baronang, sunu, dan bandeng. Ribuan ikan bakar ini disajikan secara gratis untuk seluruh masyarakat yang melintas.

Di Ponorogo, Jawa Timur, upacara HUT Kemerdekaan digelar di alun-alun kota. Puluhan orang dan seorang anggota TNI pingsan saat mengikuti upacara bendera. Tak terkecuali, seorang anggota Paskibraka.

Di Jakarta, kemeriahan HUT RI juga diikuti warga negara asing. Sejumlah warga asing yang tengah berkunjung ke Kota Tua, ikut mencoba membawa kelereng dengan sendok dan balap karung.

Gelak tawa penonton pecah saat peserta lomba beberapa kali harus memungut kelereng yang terjatuh. Suasana semakin meriah ketika para wisatawan asing ini beberapa kali terjatuh saat mengikuti lomba balap karung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.