Sukses

Warga Bojonegoro Berburu Harta Karun Majapahit

Ratusan warga Bojonegoro berburu harta karun peninggalan Kerajaan Majapahit. Karena Dinas Purbakala tak memiliki dana, temuan barang-barang bersejarah dimiliki para kolektor.

Liputan6.com, Bojonegoro: Sejak setahun terakhir, ratusan warga Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengisi keseharian mereka dengan berburu harta peninggalan Kerajaan Majapahit. Mereka berharap memperoleh emas dan harta berharga lainnya di pekuburan kuno. Sambil berkelompok, sebanyak tujuh hingga sepuluh orang menggali gundukan-gundukan tanah di tegalan milik warga setempat.

Sebagai pertanda awal, biasanya mereka memperoleh genting-genting yang menimbun tulang belulang. Mereka kerap mendapatkan manik-manik berwarna-warni di leher dan paha kumpulan tulang. Tak jarang juga ditemukan peralatan pertanian dan senjata tajam. Emas yang menjadi buruan utama, hampir tak pernah dijumpai.

Staf Kantor Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Imam WS mengatakan perburuan itu menyalahi Undang-undang Nomor 5 tahun 1992 tentang benda-benda cagar budaya. Dinas Purbakala tak memiliki dana yang cukup untuk menyelamatkan benda-benda purbakala. Temuan barang-barang bersejarah itu akhirnya dimiliki para kolektor.(COK/Agus Ainul Yaqin dan Danang Sumirat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini