Sukses

Istri Kedua Santoso Pernah Ikut Pelatihan Ala Militer

Istri kedua Santoso, Delima, diamankan di daerah Pegunungan Tambarana, Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu (23/7/2016) pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Istri kedua pimpinan kelompok sipil bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso yakni Jumiatun alias Umi Delima ditangkap. Dia pernah mengikuti pelatihan layaknya militer. Hal itu berdasarkan bukti fotonya saat menjalani latihan sambil menjinjing senapan.

"Dari foto-foto yang didapat oleh Tim Satgas Operasi Tinombala 2016, sebelumnya Jumiatun alias Umi Delima juga turut melakukan pelatihan dan membawa senjata api laras panjang," tutur Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah AKBP Hari Suprapto melalui keterangan tertulis, Sabtu (23/7/2016).

Delima yang selama ini mendampangi Santoso di hutan belantara Poso itu, telah ditangkap. Dia diamankan di daerah Pegunungan Tambarana, Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu (23/7/2016) pagi.

"Hari Sabtu tanggal 23 Juli 2016 pukul 08.30 Wita, saat perjalanan melaksanakan penyisiran, tim menemukan seorang wanita yang kemudian diduga sebagai salah satu DPO MlT atas nama Jumiatun alias Umi Delima. Merupakan istri kedua dari Santoso alias Abu Wardah," Hari menjelaskan.

Kini Delima masih dalam proses penyelidikan. Sementara Satgas Tinombala terus melakukan penyisiran di sekitar lokasi tertangkapnya istri Santoso.

"Tim Kejar Satgas Operasi Tinombala 2016 masih terus melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap DPO yang masih belum tertangkap," pungkas Hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.