Sukses

JK Hadiri KTT Asem di Mongolia

Selama di Mongolia, JK akan didampingi Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK akan menghadiri Konverensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Europe Meeting (Asem) ke-11 di Ulan Bator, Mongolia pada 15-16 Juli 2016.

Dalam pertemuan antara negara Asia dan Eropa itu, JK akan menyampaikan pidato.

"Wapres diagendakan menyampaikan pidato," kata Juru Bicara Wakil Presiden Husain Abdullah di Jakarta, Rabu 13 Juli 2016.

Asem merupakan forum yang dibentuk untuk membicarakan permasalahan-permasalahan yang melibatkan negara-negara Eropa dan Asia. Forum ini lebih terfokus pada aspek ekonomi, politik, strategi pertahanan, pendidikan, kebudayaan dan lingkungan hidup.

Selama di Mongolia, JK akan didampingi oleh Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

"Wapres dijadwalkan bertemu sejumlah kepala negara dan perdana menteri, di antaranya Presiden Republik Siprus, Perdana Menteri Ceko, Perdana Menteri Estonia, Perdana Menteri Kerajaan Belanda, serta Presiden Myanmar," lanjut dia.

Asem dibuat untuk forum pembicaraan informal antara negara-negara Eropa dan Asia. Pertemuan para menteri berlangsung setiap tahun, sedangkan pertemuan antara kepala pemerintahan atau negara diadakan setiap 2 tahun sejak 1996, dengan tempat saling bergantian antara Eropa dan Asia.

"Wapres akan berangkat ke Mongolia pada Kamis, 14 Juli 2016 dan kembali ke Jakarta 17 Juli 2016," pungkas Husain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.