Sukses

Pendaki Tewas Saat Napak Tilas Soe Hok Gie

Seorang peserta napak tilas Soe Hok Gie ke Gunung Semeru, meninggal di perjalanan. Diduga ia menderita hyphotermia dan dehidrasi.

Liputan6.com, Lumajang: Seorang pendaki asal Jombang, Jawa Timur, meninggal setelah turun dari Gunung Semeru, Lumajang, Jumat (18/12). Korban sedang mengikuti napak tilas aktivis mahasiswa Universitas Indonesia, Soe Hok Gie.

Korban bernama Muamar Hanafi, seorang guru olah raga salah satu sekolah menengah pertama di Jombang. Diduga ia tewas karena kedinginan atau hyphotermia dan dehidrasi. Jenazah Muamar kini berada di Rumah Sakit Dokter Haryoto, Lumajang.

Menurut teman korban, sejak berada di Kalimati, korban sempat mengalami mual dan sesak nafas. Muamar lalu ditandu hingga ke Ranu Kumbolo. Korban sempat mendapat perawatan tim medis UI, namun nyawanya tak bisa diselamatkan. Napak tilas Soe Hok Gie--yang tewas keracunan di Semeru pada 1969 silam--tersebut diikuti ratusan pecinta alam dari berbagai daerah.

Sepanjang 2009 sudah tercatat dua pendaki tewas di Gunung Semeru. Sebelumnya, Andhika Listiyono Putra, mahasiswa Universitas Gadjah Mada tewas dan sempat hilang selama tiga hari [baca: Mahasiswa UGM Hilang di Semeru Ditemukan Meninggal]. (TES/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.