Sukses

Jelang Kedatangan Jokowi, Riau Gencarkan Patroli Kebakaran Hutan

Presiden Jokowi direncanakan mengunjungi Riau pada 23 Juli mendatang.

Liputan6.com, Pekanbaru - Pemangku kepentingan di Provinsi Riau yang tergabung dalam Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan serta pemerintah kabupaten/kota setempat meningkatkan patroli jelang kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang direncanakan pada 23 Juli mendatang.

"Di Siak Rencana akan ada rencana kunjungan RI 1. Kita akan optimalisasi untuk patroli," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Edwar Sanger di Pekanbaru, Riau, seperti dilansir Antara, Senin (11/7/2016).

Ia menjelaskan, titik panas yang terdeteksi akan langsung dicek oleh satgas di lapangan. "Itu dilakukan dengan dua helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang sudah standby."

"Kemarin sudah nihil, tapi hari ini terpantau tiga di Inhil (Indragiri Hilir). Kita optimalkan dua heli dari BNPB," Edwar menambahkan.

Jokowi direncanakan menggelar kunjungan kerja ke Provinsi Riau untuk menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional di Kabupaten Siak. Diharapkan Pemprov Riau, Presiden juga mengadakan kegiatan lain.

Di antaranya meresmikan dua proyek perhubungan di Riau, yakni Tol Pekanbaru-Dumai dan jalur kereta api Trans Sumatera yang melintasi wilayah setempat. Kemudian pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tenayan Raya Pekanbaru yang sudah dibangun sejak 2010.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, titik panas di wilayah di Provinsi Riau meningkat menjadi 28 titik dari sebelumnya di pagi hari enam titik. Riau merupakan konsentrasi sebaran di Pulau Sumatera yang berjumlah 65 titik api.

"Ini berdasarkan pantauan satelit baik Terra maupun Aqua pada pukul 16.00 WIB, dengan level confident (tingkat kepercayaan) 50 persen terkait potensi karlahut di Sumatera," Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, menjelaskan.

Dari 28 titik panas di Riau, jelas Sugarin, terjadi di empat kabupaten/kota di pesisir provinsi tersebut dengan wilayah kosentrasi titik panas berada di Rokan Hilir 20 titik, Bengkalis empat titik dan Dumai serta Kampar sama-sama menyumbang dua titik panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini