Sukses

Menteri Jonan: Puncak Arus Mudik di Merak Malam Ini

Bahkan arus mudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera akan terus terjadi pada H-1 Idul Fitri mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah terjadi kemacetan panjang hingga 6 kilometer di luar Pelabuhan Merak pada Jum'at 1 Juli 2016 dini hari hingga Sabtu 2 Juli 2016 pagi, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, kejadian tersebut bukanlah puncak arus mudik Idul Fitri 2016.

"Saya kira sih belum ya, kalau untuk puncak arus mudik di Merak mungkin nanti malam," kata Jonan usai mendatangi Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Minggu (3/7/2016).

Kemacetan 6 kilometer itu menurut Jonan, hanyalah peningkatan kendaraan dan akan terjadi lonjakan pemudik yang lebih besar lagi malam nanti.

Bahkan arus mudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera akan terus terjadi pada H-1 Idul Fitri mendatang.

"Kalau pemantauan pagi ini ya lancar aja sih ya. Mungkin tadi malam, menurut Dirut ASDP dan Kapolda Banten, itu ada peningkatan," tegas dia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Pelabuhan Merak masih dipenuhi ribuan pemudik, baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan antrean kendaraan di luar pelabuhan yang ingin menyeberang terus mengular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini