Sukses

Urai Kemacetan, Ruas Tegal-Jakarta Ditutup Total

Polres Brebes selanjutnya memberlakukan contra flow agar kendaraan yang hendak menuju Jawa Tengah bisa melalui Pantura.

Liputan6.com, Brebes Polres Brebes memberlakukan sistem lawan arus atau contra flow di jalur arteri Pantai Utara (Pantura). Langkah ini diberlakukan demi mengurai antrean kendaraan yang keluar dari Pintu Tol Brebes Timur, seluruh ruas jalan Tegal-Jakarta ditutup agar kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah memiliki ruang gerak maksimal.

"Polres Tegal melakukan rekayasa lalin (lalu lintas) sistem 4-0 dan berhasil mengurai kemacetan mulai dari Brebes sampai Tegal Kota," ujar Kapolres Tegal Kota AKBP Adi Vivid kepada Liputan6.com melalui pesan singkat, Sabtu (2/7/2016).

Rekayasa lalu lintas yang sedemikian rupa diterapkan karena volume kendaraan di tiga kotamadya tersebut meningkat 75 persen dari hari biasa, hingga terjadi kemacetan total di Arteri Brebes hingga Tegal. Adi mengatakan, contra flow diterapkan mulai dari depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teksin hingga Pertigaan Larangan, Kabupaten Tegal.

"Contra flow kurang lebih sepanjang 8 kilometer. Rekayasa ini mampu mengurai kemacetan selama 1 jam 30 menit," kata Adi.

Adi melanjutkan arus kendaraan yang datang dari arah Semarang menuju Jakarta untuk sementara waktu dialihkan mulai dari pertigaan Larangan-Karamat-Tarub-Pangkah-Bogawes hingga Slawi. Rencananya, contra flow total ini berlangsung hingga pukul 16.00 WIB.

"Saat volume kendaraan turun, kami diberlakukan contra flow 3-1," tutup Adi.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.