Sukses

Jumlah Penumpang di Bandara Yogyakarta Melonjak Jelang Lebaran

Sejak H-12 Lebaran, jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta naik hingga 17 persen.

Liputan6.com, Yogyakarta - Mudik Lebaran, moda transportasi udara menjadi idola sebagian masyarakat. Seperti penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Jumlah penumpang tujuan Jogja meningkat pada tahun ini.

General Manajer Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan jumlah penumpang pesawat terbang tiap tahun meningkat. Awalnya, dia memperkirakan kenaikan jumlah penumpang di bandara sekitar 7 persen.

Namun, prediksi itu salah. Sejak H-12 lalu, jumlah penumpang naik hingga 17 persen.

"Saya pantau sejak H-12, 24 Juni kemarin, dari tahun lalu sudah naik 17 persen. Kalau tahun lalu itu 18.350. Tahun ini pada H-12 kemarin sudah mencapai 20.050 orang. Jadi signifikan sekarang, makin bertambah cukup signifikan. Saya prediksi H-3 itu puncaknya," ujar Pandu, Yogyakarta, Jumat 1 Juli 2016.

Menurut dia, kenaikan ini dipicu oleh libur Lebaran yang bersamaan dengan liburan panjang sekolah. Selain itu, daya tarik Yogya sebagai kota destinasi wisata masih kuat. Terlebih, ada penambahan penerbangan ke Yogya dari tiga maskapai yaitu Garuda, Sriwijaya Air dan Nam Air.

"Pesawat tambah sekarang, jadi 154 flight per hari. Ternyata di atas 10 persen. Kemarin kan hanya 7 persen, ternyata prediksi ini salah. Jadi lebih banyak lagi, di atas 10 persen mungkin karena liburan panjang sekolah," kata Pandu.

Demi melayani penerbangan sipil, lanjut dia, penerbangan militer sudah tidak ada sejak Senin pekan depan hingga seminggu ke depan.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini