Sukses

Hindari Macet di Cipali, Cileunyi Bisa Jadi Solusi

To Cileunyi dapat menjadi alternatif bagi pengendara yang ingin menghindari kemacetan di Tol Cipali.

Liputan6.com, Bandung - Tol Cipali yang berada di ruas Pantai Utara diprediksi menjadi primadona pemudik yang hendak menuju Jawa Tengah. Pemudik berbondong-bondong menjadikan tol yang diresmikan tahun lalu tersebut, sebagai jalur utama yang menghubungkan Cikampek dengan Palimanan.

Namun, bagi pemudik yang ingin terhindar dari antrean Tol Cipali, bisa mencoba rute tengah dan selatan, yaitu melalui Tol Cileunyi. Keluar Tol Cileunyi, pengendara dipersilakan memilih ruas Sumedang-Kadipaten-Majalengka-Cirebon atau rute pantai selatan melalui Garut-Tasikmalaya-Pangandaran-Cilacap.

Tim mudik Liputan6.com memantau tidak ada antrean panjang di gerbang Tol Cileunyi hingga pukul 14.00 WIB. Pemberlakukan pembukaan total 10 gerbang tol, membuat pengendara hanya mengantre kurang dari 100 meter.

Minimnya volume kendaraan yang masuk melalui gerbang Tol Cileunyi, membuat situasi Perempatan Cileunyi ramai lancar. Begitu juga situasi Pertigaan Jatinangor yang mempertemukan antara jalur Bandung Kota dengan Sumedang, tidak ada kemacetan yang terjadi.

Untuk itu, Tol Cileunyi dapat menjadi solusi bagi pemudik menghindari kemacetan Tol Cipali. Pemudik dapat menuju Pantura dengan melewati Jalan Raya Cirebon-Bandung, dan melintas di Kota Sumedang lalu Jatiwangi, sebelum nantinya tiba di Palimanan kemudian Cirebon.

Pantauan di lapangan, cuaca di Tol Cileunyi terpantau cerah dan cukup terik. Namun bagi pengendara yang akan melintas di sore hari perlu berhati-hati, karena awan tebal sudah ada di bagian utara Cileunyi dan pada sore hari di kawasan ini biasanya turun hujan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.