Sukses

Mudik ke Sumedang? Berikut Rekayasa Lalin di Jatinangor

Rekayasa pertama di pertigaan itu, berlaku untuk pengendara dari arah Sumedang.

Liputan6.com, Sumedang - Jelang kedatangan pemudik, pengalihan atau rekayasa arus lalu lintas diberlakukaan di kawasan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Marka untuk menutup dan mengalihkan arus, sudah terpasang di pertigaan Cileunyi-Kota Bandung-Sumedang.

Rekayasa pertama di pertigaan itu, berlaku untuk pengendara dari arah Sumedang. Pengendara tidak dapat langsung lurus menuju Cinunuk, Cibiru, atau Kota Bandung.

Pengendara dari arah Sumedang yang ingin menuju Kota Bandung, harus berputar arah di dekat gerbang Tol Cileunyi. Pada pengalihan arus lalu lintas, petugas tidak lagi menggunakan lampu rambu lalu lintas atau traffic light.

Rekayasan lalu lintas diberlakukan di pertigaan Jatinangor dengan Tol Purbaleunyi jelang kedatangan para pemudik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pantauan Tim Mudik Liputan6.com, pengalihan arus yang dilakukan di pertigaan Jatinangor tersebut, efektif untuk mengurai kemacetan yang biasanya terjadi. Biasanya, kendaraan harus berhenti dan antrean karena lampu merah.

Bukan hanya itu, pengalihan arus lalu lintas ini juga berdampak positif bagi kendaraan dari Kota Bandung yang ingin menuju Sumedang atau Rancaekek. Mengingat volume kendaraan memang didominasi oleh pemudik yang datang dari arah Kota Bandung.

Penutupan arus dari Sumedang menuju Kota Bandung, membuat adanya pemberlakuan sistem satu arah untuk lajur dari Kota Bandung atau Jalan Percobaan. Namun, karena banyaknya volume kendaraan dari arah Kota Bandung, petugas harus memberlakukan sistem buka tutup di pertigaan Jatinangor, khususnya bagi kendaraan yang datang dari arah Cileunyi.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini