Sukses

Rute Penerbangan Jawa dan Sumatera Dominasi Arus Mudik di Soetta

Misalnya saja rute Yogyakarta, Solo, Semarang. Penerbangan ketiga rute itu sudah full untuk hari ini di tiap maskapai.

Liputan6.com, Tangerang - Pengelola Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Kota Tangerang memprediksi puncak arus mudik di bandar udara tersebut terjadi pada hari ini dan esok.

Pada Sabtu ini, pengelola memprediksi 175 ribu hingga 180 ribu calon penumpang akan memenuhi bandara. Mayoritas pemudik akan terbang ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa dan Sumatera pada libur Lebaran 2016 ini.

"Perkiraan saya 175 ribu sampai 180 ribu penumpang penuhi Bandara Soekarno Hatta. Dan rute penerbangan antar Jawa dan Sumatera itu full," kata Senior General Manager Bandara Soekarno Hatta (Soetta) M Suriawan Wakan, Tangerang, Sabtu (2/7/2016).

Misalnya saja rute Yogyakarta, Solo, Semarang. Penerbangan ketiga rute itu sudah full untuk hari ini di tiap maskapai.

Kemudian rute Sumatera seperti Kualanamu dan Padang, juga sudah penuh sampai hari ini.

Lalu, ada pula calon penumpang yang mengambil rute ke Denpasar, Bali. "Kalau ke Denpasar kemungkinan calon penumpang yang memanfaatkan libur Lebaran sebagai liburan mereka, bukan mudik," kata Wakan.

Namun tetap saja geliat peningkatan penumpang di Bandara Soekarno Hatta di liburan Lebaran ini sangatlah fluktuatif. Terlebih semenjak ada Tol Cipali-Palimanan. Lonjakan penumpang bisa saja berubah.

"Misalnya di H-4 ini menurun, sebelumnya di H-6 itu naik melonjak tinggi. Memang keberadaan Tol Cipali-Palimanan sangat mempengaruhi," tutur Wakan.

Namun, Wakan mengaku pelayanan di Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno Hatta di masa libur Lebaran ini, dioptimalkan.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini