Sukses

Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Terjadi Sabtu dan Minggu

Peningkatan jumlah penumpang sebenarnya sudah terjadi sejak H-12 Lebaran. Lonjakan penumpang sudah 32 persen lebih besar dari tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak arus mudik Lebaran 2016 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, diprediksi terjadi pada hari ini dan besok. Sabtu dini hari, calon penumpang sudah mulai memadati Terminal 1 keberangkatan domestik.

Senior General Manager Bandara Soetta M Suriawan Wakan mengatakan puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-4 Lebaran atau hari ini.

"Pada saat itu, arus penumpang di Bandara Soekarno Hatta diprediksi mencapai 185 ribu-190 ribu penumpang per hari," kata Suriawan, Tangerang, Sabtu (2/7/2016).

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang sebenarnya sudah terjadi sejak H-12 Lebaran. Terbukti, lonjakan penumpang sudah 32 persen lebih besar dari data angkutan lebaran tahun lalu.

Sementara pada H-11 Lebaran, lonjakan jumlah penumpang sebesar 13 persen dibandingkan angka angkutan Lebaran tahun lalu.

"Bila dikalkulasikan dalam jumlah penumpang, hingga kini terdapat 85 ribu-167 ribu penumpang per hari yang memadati Bandara Soekarno Hatta," kata Wakan.

Terpantau, di selasar atau depan pintu masuk Terminal 1, para calon penumpang sudah menunggu keberangkatan. Seperti keluarga Sartono (48).

Dia bersama kelima anggota keluarga akan mudik ke Padang dengan jadwal penerbangan pukul 10.30 WIB.

"Sengaja berangkat lebih awal, agar enggak macet di jalan. Khawatirnya kan dari Depok kemari macet karena arus mudik, makanya berangkat dari rumah pagi," kata Sartono kepada Liputan6.com.

Dia pun berharap, penerbangan tidak mengalami keterlambatan. Jadi bisa tepat waktu sampai di kampung halaman.

"Berdoanya sih gitu, saya juga tanya ke teman-teman yang sudah berangkat lebih dulu, kata mereka aman dari keterlambatan. Semoga saja nanti juga gitu," ujar Sartono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini