Sukses

4 Selebritas Polri Pengubah Citra Polisi

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, salah satu resolusi Polri pada usia 70 tahun adalah merevolusi mental.

Liputan6.com, Jakarta - Dulu polisi selalu identik dengan ketegasan. Namun, tidak sekarang. Bahkan, beberapa polisi disejajarkan dengan para selebritas karena ketampanan, bakat, hingga prestasinya.

Masyarakat pun tak asing dengan wajah dan namanya. Sebut saja Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti dan polisi asal Jambi, Hans Simangunsong.

Ini sesuai dengan harapan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti untuk menjadikan Polri lebih humanis. Terlebih Polri memiliki moto melayani masyarakat.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar, mengatakan salah satu resolusi Polri pada usia 70 tahun adalah merevolusi mental.

"Kami berjanji akan lebih baik lagi. Revolusi mental merupakan salah satu resolusi yang dilakukan pada usia yang baru. Polri adalah pelindung dan pelayan masyarakat," ujar Boy kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis, 30 Juni 2016.

Di bawah ini empat selebritas Polri yang dikenal masyarakat menurut rangkuman Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hans, Andy Lau dari Indonesia

Brigadir Kepala Hans Simangunsong, anggota Sabhara Kepolisian Resor Sarolangun, Jambi, menyedot perhatian dunia maya. Kenapa?

Nama Hans menjadi viral saat videonya dibahas oleh sebuah media asal Taiwan. Pada video itu, ia menyanyikan Nan Mien Yu Chuo yang dipopulerkan aktor Mandarin, Andy Lau.

Nggak cuma bisa mengayomi masyarakat, polisi ini juga berbakat untuk nyanyi Mandarin. Keren, Bro!

Dia bernyanyi dalam mobil dinas. Saat itu dia tidak sendiri. Seorang temannya yang berkacamata hitam duduk dengan tenang sambil pura-pura menyetir mobil. Padahal, mobil sedang tidak bergerak.

Television Broadcasts Satellite (TVBS) secara khusus menayangkan penampilannya. TVBS adalah saluran televisi satelit dan jaringan TV kabel nasional Taiwan.

3 dari 5 halaman

Si Ganteng Anggi

Penampilannya di sebuah video menyita perhatian netizen. Home dari Michael Buble dendangannya berhasil menyedot perhatian.

Beberapa stasiun televisi pun mengundangnya untuk bernyanyi. Namun, si pemilik suara emas itu, Anggi Trio Putra, lebih memilih menjadi polisi ketimbang penyanyi.


Melihat video rekaman penampilannya di panggung menyanyikan lagu Home dari Michael Buble

Penyuka mangga ini berdinas sebagai anggota Sabhara Polda Sumatera Barat dengan pangkat bripda. Kesibukannya sebagai abdi negara benar-benar menyita waktu, mulai dari penjagaan, pengawalan dan patroli.

Untungnya, di sela-sela waktu, Duta Wisata Solok 2012 ini masih bisa mengasah kemampuan menyanyinya.



4 dari 5 halaman

Komang Goyang Dumang

Komang adalah seorang polisi lalu lintas (polantas) berpangkat bripka di Bangkalan, Jawa Timur. Dia punya cara unik saat mengatur lalu lintas.

Dia terus bergoyang dengan diiringi lagu Goyang Dumang yang dipopulerkan penyanyi Cita Citata dengan volume keras di tengah jalan sembari mengatur lalu lintas.

Aksi nyeleneh Komang ini sudah mendapat persetujuan pimpinannya di Polres Bangkalan. Bagi Komang, mengatur sambil bergoyang dumang membuat pengendara lebih mudah ditertibkan.

Demi menjalin kedekatan dengan Masyarakat agar kembali harmonis, Polisi memang sering melakukan hal lucu dan menggemaskan.

"Mohon maaf kalau saya hanya gini aja, teman-teman yang lain tidak digubris. Rasanya sakit hati, sakitnya tuh di sini. Nah lebih baik saya goyang daripada saya stres, sakit hati, goyang aja enggak masalah," kata Bripka Komang kala itu.

Cara uniknya ini mendapat pujian dari pengguna jalan dan netizen.

Menghibur sambil mengatur lalu lintas pun akan terus dilakukan Bripka Komang.

5 dari 5 halaman

Mr Turn Back Crime

Nama Krishna mulai melejit saat pindah di Polda Metro Jaya. Saat itu, dia mengambil alih kasus tewasnya mahasiswa Universitas Indonesia, Akseyna Ahad Dori (18).

Saat itu hasil penyelidikan yang dipimpinnya menyatakan Akseyna dibunuh dan bukan bunuh diri seperti yang dinyatakan Polres Depok.

Namanya semakin melonjak saat dia mengenakan kaus "Turn Back Crime" di tengah teror Thamrin.

Brand "Turn Back Crime" sendiri diluncurkan oleh Komjen Tito Karnavian yang saat itu masih menjadi Kapolda Metro Jaya, Minggu 29 November 2015.

"Hari ini, kami memperkenalkan brand 'Turn Back Crime' pertama-tama untuk menularkan semangat memerangi kejahatan bersama masyarakat. Kedua, supaya masyarakat bisa menilai gimana kinerja reserse," kata Tito.


Kunjungan Kombes Krishna Murti ke kantor redaksi SCTV, Jakarta, Senin, (14/9/2015). (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Sementara, ketenaran Krishna terbukti dengan jumlah followers di akun Facebook-nya yang mencapai 521,836 orang.

Mantan Staf Perencanaan PBB di New York, Amerika Serikat, itu pun sering mengunggah kegiatannya dalam akun tersebut.

Netizen pun sering bertanya kunci kesuksesannya.

Dia pun menjawab, "Saya sering ditanya; bagaimana kunci sukses? Sukses gak punya kunci, sukses gak ada tips, sukses gak punya jalan pintas.. Sukses juga gak punya ukuran, gak bisa pakai ukuran orang.. Sukses itu sbnrnya hanya satu keberhasilan dari seribu usaha.. Kerjakan saja yg layak kamu kerjakan, jangan menyerah, jangan terlalu pusing dg komentar orang.. Sukses adalah milikmu sendiri. Tetap terhubung ke langit dan selalu berpijak ke bumi.. Sebaik2 manusia adalah yg paling bertaqwa dimata Allah," tulis Krishna.

 

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.