Sukses

Wayan Patut, Metamorfosis Si Perusak Lingkungan

Wayan Patut, warga Pulau Serangan, Bali, dulu adalah perusak terumbu karang. Setelah melihat kerusakan yang ditimbulkan, kini dia aktif dalam pelestarian terumbu karang.

Liputan6.com, Serangan: Dari seorang perusak lingkungan kini beralih menjadi pelestari lingkungan. Itulah jalan hidup Wayan Patut, warga Pulau Serangan, Bali. Bahkan, Wayan tak pernah menyangka kalau hari-harinya kini diisi dengan berbagai aktivitas pelestarian terumbu karang di Pulau Serangan.

Bersama beberapa nelayan, Wayan aktif membuat rumah terumbu karang yang disebut reef ball dan piramida. Sebagai pengganti batu karang alami, Wayan juga membuat base rock atau batu karang buatan. Padahal, sebelumnya Wayan giat merusak terumbu karang. Kekayaan laut itu dipotong, dicongkel, dan dijual sebagai bahan bangunan bernilai jual tinggi.

Kerusakan parah terumbu karang akhirnya menyadarkan Wayan. Kini dia giat mengampanyekan pentingnya pelestarian terumbu karang sebagai habitat ikan dan biota laut. Wayan juga terus menyampaikan pesan bahwa pengrusakan lingkungan tidak patut dilakukan oleh siapa pun dan dengan alasan apa pun. Selengkapnya simak video berita ini.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini